Sambut Bulan K3, PGP Gelar Kegiatan Donor Darah

Sambut Bulan K3, PGP Gelar Kegiatan Donor Darah

18 views
0

GORONTALO POHUWATO, deteksinews.id – Patut diapresiasi, Pani Gold Project (PGP) gelar aksi donor darah dan beberapa kegiatan lainnya.

Kegiatan tersebut, dalam rangka menyambut Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional yang diperingati setiap tahun dari 12 Januari hingga 12 Februari.

Aksi donor darah tersebut bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pohuwato yang diketuai Syarif Mbuinga. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerjasama Pani Gold Project dengan PMI Kabupaten Pohuwato. Rabu, (17/01/2024).

Donor darah kali ini dipusatkan di Pioneer Camp, Desa Hulawa, Kecamatan Buntulia, berhasil mengumpulkan 150 kantong darah yang langsung ditangani oleh PMI Kabupaten Pohuwato untuk dimanfaatkan oleh yang membutuhkan.

“Donor darah hari ini merupakan yang keempat kalinya dilaksanakan di Lokasi Pertambangan Emas Pani Gold Project dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional tahun 2024,” kata Sekretaris PMI Kabupaten Pohuwato, Worang Herman Daud dalam pesan tertulis Selasa, 16 Januari 2024.

Menurutnya, PMI Kabupaten Pohuwato terus berupaya melakukan pengerahan donor secara terus menerus untuk memenuhi kebutuhan darah di Rumah Sakit Bumi Panua Pohuwato yang setiap hari rata-rata membutuhkan 10-15 kantong darah.

“Selain itu, kami selalu melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mendonorkan darah sehingga timbul keinginan untuk mendonorkan darahnya,” tambahnya.

External Affairs Manager Pani Gold Project, Mahesha Lugiana, menyatakan bahwa kegiatan donor darah ini adalah bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat Pohuwato, khususnya bagi mereka yang terbaring sakit dan membutuhkan transfusi darah.

“Melalui aksi donor darah ini, Pani Gold Project terus menumbuhkan semangat kepedulian kepada sesama,” katanya.

Sementara itu, dokter di Pani Gold Project, Panji Aulia, menambahkan bahwa kegiatan donor darah ini juga melibatkan seluruh tim medis dan karyawan Pani Gold Project.

“Dengan adanya kegiatan donor darah ini, diharapkan semakin banyak karyawan yang sadar akan pentingnya berbagi kehidupan dengan mereka yang membutuhkan,” katanya.

Selain untuk kemanusiaan, dr. Panji menambahkan bahwa donor darah juga membantu kita untuk tetap sehat karena ada begitu banyak manfaat kesehatan untuk tubuh kita, seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, menurunkan risiko kanker, dan masih banyak manfaat kesehatan lainnya.

“Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan yang mulia sehingga harus kita mulai dari sekarang dan menjadi bagian dari gaya hidup kita ke depan,” ungkapnya.

Health, Safety, and Environment (HSE) Manager Pani Gold Project, Oktovian Keleyan, menambahkan bahwa kegiatan Bulan K3 Nasional 12 Januari-12 Februari 2024 dibuka dengan upacara pembukaan yang telah dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2024.

Upacara ini dipimpin langsung oleh KTT GSM Widji Pramadjati dan dihadiri oleh perwakilan karyawan dari seluruh departemen, mitra kerja, dan Site Management.

“Turut menghadiri sebagai tamu undangan adalah perwakilan dari Dinas Ketenagakerjaan dan Perwakilan ESDM Provinsi Gorontalo dan daerah,” katanya, sembari menambahkan bahwa dalam upacara pembukaan Kadis Nakertrans turut membacakan amanah bulan K3 Nasional serta dilanjutkan dengan seminar keselamatan.

Rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional di Pani Gold Project mencakup kompetisi bekerja di ketinggian, lomba poster K3, festival color fun run, festival senam, donor darah, pameran APD, lomba safety driving, lomba safety talk terbaik, lomba CPR, cerdas cermat K3, dan lomba senam tradisional.

“Harapannya semua karyawan dapat mengetahui pentingnya aspek K3 dalam menjalankan tugas sehingga dapat bekerja dengan aman dan pulang ke rumah dengan sehat dan selamat setiap hari,” tambah Okto.

Rls/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *