Aliansi Mahasiswa UNIPO dan UG, Lakukan Aksi Solidaritas untuk 35 Tersangka

Aliansi Mahasiswa UNIPO dan UG, Lakukan Aksi Solidaritas untuk 35 Tersangka

90 views
0

Vanda Waraga/PSI

GORONTALO.POHUWATO, deteksinews.id -Aliansi Mahasiswa Universitas Pohuwato (UNIPO) dan Universitas Gorontalo (UG) melakukan aksi Demo solidaritas kepada 35 tersangka kasus pembakaran kantor Bupati Pohuwato, Jumat, (12/01/2024)

Aksi itu melibatkan sebanyak 25 mahasiswa yang tersebar di dua kampus berbeda, Universita Pohuwato dan Universitas Gorontalo yang berlokasi di Simpang Empat Lampu Merah, Blok Plan Perkantoran Kanto Bupati Pohuwato.

Ketika Ditemui, jenderal Lapangan Hasan Laode (22) mengatakan, aksi solidaritas perlu dilakukan untuk 35 tersangka, karena ada juga kejanggalan dalam proses penangakapan dari 35 tersangka yang telah diadili.

“Kami pikir, semua perlu adanya keterbukaan informasi. Ada beberapa dari mereka yang ditangkan, yang diduga kuat bukan pelaku pembakaran kantor Bupati Pohuwato,” ujarnya.

Ungkap Hasan, sebut Saja Abdurrahman Umar,temannya mahasiswa pertanian Universitas Pohuwato yang ditetapkan tersangka tanpa ada bukti Closed Circuit Television (CCTV).

“Teman saya itu tanpa ada bukti CCTV kalau sebagai pelaku pembakaran, sehingga kita melakukan aksi solidaritas untuk dia dan mereka,” imbuhnya.

Aksi yang dilakukan tambah Hasan, tujuannya hanya satu, agar masyarakat tahu kalau penangkapan yang dilakukan sedikitnya ada cacat hukum.

“Tanpa Bukti yang Objektif. Dimata Hukum, penentuan tersangka harus memuat data yang akurat, bukan atas dasar visualisasi dan opini dan teman saya tidak ada bukti yang akurat,” tuturnya.

Bahkan untuk lebih memantapkan gerakan, Jelas Hasan, Aliansi yang dibuat akan tetap berkelanjutan setiap 3 hari sekali dibagi di dua tempat berbeda.

“Kami akan terus menyuarakan ini. Aksi kami akan tetap berlanjut setiap 3 hari sekali. Ada yang di Polres Pohuwato dan Polda Gorontalo,” tutupnya.

(Man/D002)

Your email address will not be published. Required fields are marked *