Upacara Harlah Pancasila, Wabup Pohuwato Irup

Upacara Harlah Pancasila, Wabup Pohuwato Irup

12 views
0

Vanda Waraga editor

POHUWATO -, deteksinews.id – Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Pohuwato, Senin (05/06/2023).

Upacara diikuti oleh Sekretaris Daerah Iskandar Datau, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD, dan seluruh ASN dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato.

Dalam amanat Presiden RI yang di bacakan Wabup Suharsi Igirisa mengungkapkan pancasila adalah pedoman hidup berbangsa yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila juga adalah jati diri sebagai bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Pancasila adalah dasar negara kita yang lahir dari perjuangan bangsa indonesia untuk merdeka dari penjajah. Pancasila adalah rumusan dari nilai-nilai luhur yang hidup di tengah-tengah masyarakat indonesia yang beragam suku, agama, budaya dan adat istiadat”, ungkap Wabup Suharsi dalam amanatnya.

Atas nama seluruh rakyat Indonesia Presiden juga menyampaikan terimakasih dan penghormatan setinggi-tingginya ke para-para pounding fathers atas warisan luhur Pancasila yang kita nikmati sampai saat ini.

“Saya juga ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh generasi penerus bangsa yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara”, sebutnya.

Wabup Suharsi dalam amanat Presiden RI juga mengajak seluruh ASN dan komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Masyarakat juga harus sadar akan tanggung jawab untuk menjaga perdamaian dunia, menegakkan hak asasi manusia, melindungi lingkungan hidup, dan menjadi bagian dari solusi bukan masalah.

“Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang ber-pancasila. Bangsa yang memiliki semangat gotong royong yang tinggi. Bangsa yang mampu berkontribusi positif dalam pembangunan peradaban dan pertumbuhan global”, ungkap Wabup Suharsi.

Hari lahir pancasila tahun 2023 mengangkat tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir pancasila oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016 dan ditetapkan juga sebagai hari libur nasional. (Chris)

Your email address will not be published. Required fields are marked *