Tanggul Jebol, Lahan Pertanian Dan Rumah Warga Desa Manawa Terendam

Tanggul Jebol, Lahan Pertanian Dan Rumah Warga Desa Manawa Terendam

208 views
0

Laporan Moh Kenzie/MDj

POHUWATO, (deteksinews.id) – Akibat curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Patilanggio, menyebabkan lahan pertanian milik warga Desa Manawa terendam air.

Informasi yang berhasil dirangkum dari Kepala Desa Manawa, Marlulu Djafar, air merendam lahan pertanian dan sejumlah rumah warga akibat Jebolnya tanggul yang ada di Desa Dulomo Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato.

“Saat ini saya masih berada dilapangan, dan melihat langsung kondisi dilapangan.” Terang Marlulu.

Pihaknyapun kata Marlulu, mengecek lahan pertanian dan  rumah warga yang terendam dan langsung berkoordinasi dengan pemerintah Kecamatan Patilanggio dan Kabupaten Pohuwato.

“Alhamdulillah respon pemerintah Kecamatan dan Kabupaten cepat dan tanggap mengantisipasi kondisi darurat.” Terang Lulu, Jumat (17/9) saat dihubungi wartawan ditengah tengah arus air yang menggenangi wilayahnya.

Ketinggian air Kata Marlulu Djafar setinggi 40 hingga 60 centi  meter sementara jumlah rumah warga terendam dan lahan pertanian masih dalam pendataan.

“Seluruh aparat desa saya sudah perintahkan turun mengecek semuanya, dan diperkirakan 100 hektare lahan milik warga Desa Manawa dan Dulomo sudah terendam air.” jelas Lulu melalui saluran seluler.

Kamipun sudah mendapatkan informasi bila Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga sudah menuju Patilanggio.

“Alhamdulillah pak Bupati sudah menuju lokasi, terimakasih pak Bupati.” Ucapnya melalui ponselnya.

(D001/Muzamil Hasan)

Your email address will not be published. Required fields are marked *