Tim Kecamatan Kikim Barat Monev DD Tahap Pertama Tahun 2024, di Desa Jajaran Baru

Tim Kecamatan Kikim Barat Monev DD Tahap Pertama Tahun 2024, di Desa Jajaran Baru

11 views
0

Naskah : Aparli

KIKIM BARAT,, deteksinews.id – Tim Pemerintah Kecamatan Kikim Barat terus mengawal progres pembangunan di tingkat desa dengan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap penggunaan Dana Desa (DD) tahap pertama Tahun Anggaran 2024.

Kali ini, fokusnya adalah Desa Jajaran Baru, Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat , yang dipimpin oleh Kepala Jajaran Baru Bostandi S.E, Rabu (12/6/2024).

Proses pengecekan dilakukan secara teliti, mulai dari penilaian administratif melalui Surat Pertanggungjawaban (SPJ) hingga cross-check langsung di lapangan.

“Upaya ini sejalan dengan visi untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), baik dari kalangan warga maupun perangkat desa, guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan tidak hanya untuk tahun 2024, tetapi juga masa yang akan dating,”ujar Kades.

Tidak hanya memonitor pembangunan fisik seperti pembangunan infrastruktur jalan dan pembuatan tambahan gedung balai rakyat tetapi juga untuk pemberdayaan seperti gaji guru mangaji dan guru paud, pelaksanaan posyandu sudah di relasikan

“Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah kecamatan dalam memberdayakan masyarakat secara menyeluruh,”terangnya.

Sementara Camat Darwis Salim S.E MM di wakili Sekcam Kikim Barat Edi Susanto S.sos, menegaskan bahwa kegiatan monev merupakan agenda rutin untuk memastikan dana desa dialokasikan dengan tepat.

“Tujuan utamanya adalah memastikan implementasi kegiatan, mengidentifikasi masalah, serta menilai pola kerja dan manajemen untuk mencapai tujuan pembangunan desa,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menegaskan pentingnya kegiatan monev dalam menjaga transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi penggunaan dana desa.

“Tim Monev berperan dalam memastikan efektivitas penggunaan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat di Desa Jajaran Baru” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jajaran Baru Bostandi S.E menyampaikan bahwa kegiatan di desanya pada tahap pertama dana desa tahun 2024 meliputi pembangunan infrastruktur jalan Yang nerupa Jalan Usaha Tani hamparan sert, penambahan gedung Balai Rakyat.

“Semoga hasil monev ini menjadi acuan pemerintah Desa dan melalui Monev dapat memberikan semangat pada Pemdes untuk lebih hati-hati dalam penggunaan DD.

Anggaran yang sudah disalurkan untuk kepentingan umum. Begitu juga dengan penyaluran pada keluarga penerima manfaat (KPM) semuanya tepat sasaran.

Hadiri dalam Acara monev Sekcam Kikim Barat Edi susanto, kapolsek Kikim Barat Iptu M.Arafah, Kasi Eko bank, kasi pemerintah,kasi umum dan staf Kantor Camat, Babinsa, bhabinkamtibmas, PLD dan PD dan BPD serta perangkat Desa jajaran baru.

D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *