Wabup Pohuwato Hadiri Capasity Building TPID dan Gorontalo Economic Outlook 2023

Wabup Pohuwato Hadiri Capasity Building TPID dan Gorontalo Economic Outlook 2023

12 views
0

Vanda Waraga

GORONTALO KOTA, deteksinews.id – Wakil Bupati Pohuwato Suharsih Igirisa hadiri agenda Capasity Building TPID dan Gorontalo Economic Outlook 2023 yang dilaksanakan oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo. Selasa, (7/11/2023).

Agenda ini  mengusung tema, Sinergi Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan Daerah Melalui Penguatan Kelembagaan dan Integrasi Neraca Pangan.

Kegiatan yang berlangsung di Ballrom Saronde Lantai 4 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo dibuka Pj. Sekda Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki, dan dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Dian Nugraha.

Hadir juga para Bupati, Walikota Direktur Perusahaan, BUMD, BUMN serta perwakilan akademisi se-Provinsi Gorontalo.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Gorontalo, Dian Nugraha dalam sambutannya menyampaikan, Capasity Building ini adalah sebagai salah satu capaian prestasi program TPID di masing-masing kota, kabupaten se-Provinsi Gorontalo.

“Berdasarkan data BPS perkembangan pada triwulan III 2023 perekonomian Gorontalo mengalami kenaikan sebesar 4.62% lebih tinggi pertumbuhanya dibanding pada triwulan II 2023. Namun demikian, perekonomian Provinsi Gorontalo masih lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi wilayah Sulawesi, Maluku, Papua maupun Nasional”,jelasnya.

Selanjutnya, kinerja perekonomian pada triwun III tahun 2023 didorong oleh pertumbuhan lapangan usaha pertanian yang tumbuh sebesar 5,50% lebih tinggi dari triwulan sebelumnya yakni 3,41%.

Akselerasi pertumbuhan pertanian didorong oleh produksi jagung, padi dan perikanan.

“Sementara berdasarkan data dinas pertanian Provinsi Gorontalo, produksi jagung sebagai komoditi utama tercatat sebesar Rp. 284 Miliyar atau tumbuh menjadi 31,24% pada triwulan III.” Ungkapnya.

Landasan perumusan program untuk mencapai stabilitas inflasi,  perwakilan Bank Indonesia Gorontalo ungkapnya,  akan berkolaborasi dengan ikatan sarjana ekonomi Indonesia.

Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah, Budiyanto Sidiki mengatakan, Provinsi Gorontalo mendapatkan sebuah penghargaan dalam bentuk insentif fiskal oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri dan Kemenkeu sebagai bentuk penghargaan terbaik dalam pengendalian inflasi diantaranya Provinsi Gorontalo.

Dan Kabupaten Boalemo serta,  Kabupaten Pohuwato yang masuk dalam kategori terbaik dengan masing-maing sebagai pengendali inflasi, penekanan stunting dan pemanfaatan prodak dalam negeri.

Sekda Budiyanto Sidiki juga mengajak pemerintah daerah untuk terus memberikan dukungan terhadap prodak halal baik yang bersumber dari sektor pertanian, perkebunan, dan kelautan dan perlu dorongan pengembangan sentra industri.

Dikonfirmasi, Wabup Suharsi Igirisa  menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Capasity Building TPID.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh BI Perwakilan Gorontalo dianggap sebagai penguatan dalam strategi penyusunan program dalam pengendalian inflasi di Gorontalo khususnya bagi kita di daerah dan juga sebagai tujuan memberikan pemahaman tentang cara penyusunan TPID yang baik guna meningkatkan kualitas laporan.

Kemudian, untuk meningkatkan pemahaman anggota TPID terkait tujuan pengendalian inflasi dan memperluas wawasan serta peran dan tantangan TPID dalam perekonomian, terutama dalam situasi ekonomi yang terjadi saat ini.

Wabup Suharsi mengakui banyak hal yang disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Gorontalo.

Kegiatan ini sebagai salah satu upaya pengembangan SDM dalam pengambilan langkah taktis serta dapat merumuskan produk unggulan.

Selain itu  menjaga kestabilan inflasi khususnya pangan dalam rangka menuju 4K, yakni, keterjangkauan harga, ketersedian pasokan, kelancaran distribusi, serta komunikasi yang efektif.

Iwan/D002

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *