Pemkab Pohuwato Tetapkan Idul Adha Kamis Besok

Pemkab Pohuwato Tetapkan Idul Adha Kamis Besok

35 views
0

Vanda Waraga

POHUWATO, deteksinews.id –
Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI menetapkan Idul Adha 10 Dzulhijah 1444 H, Kamis 29 Juni 2023.

Maka, Pemerintah Kabupaten Pohuwato menggelar adat tonggeyamo, bertempat di rumah jabatan Bupati, Rabu (28/06/2023).

Kepala Kantor Kementerian Agama Pohuwato Hi. Rais Abaidata, S.Ag mengatakan bahwa sebelumnya Pemerintah Pusat telah melakukan proses pengamatan ketampakan hilal menjelang awal bulan kalender Hijriah.

Dari Rukyatul Hilal tersebut, kata Rais, Kementerian Agama RI memutuskan dan menetapkan 10 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada hari Kamis 29 Juni 2023.

“Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini Kementerian Agama telah menetapkan 10 Dzulhijjah jatuh pada hari kamis, maka dengan demikian idul adha 1444 H jatuh pada Kamis 29 juni besok”, ungkap Rais, Rabu (28/06/2023) malam.

Selanjutnya, atas nama Kementerian Agama Republik Indonesia Rais Abaidata, menyampaikan selamat merayakan hari raya Idul Adha kepada seluruh umat muslim khususnya di Kabupaten Pohuwato. “Semoga ibadah dan pengorbanan kita dijabah Allah SWT”, tutup Rais.

Sementara itu, Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga dalam kesempatan itu mengatakan, momentum Idul Adha sendiri merupakan wujud sikap kepatuhan atas perintah Allah SWT dan Rasul. Puncaknya saat peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim As kepada anaknya Nabi Ismail As.

“Kita kenang kembali sejarah panjang islam saat pengorbanan nabi Ibrahim yang akan menyembelih nani Ismail As. Sungguh ini menjadi ujian keimanan yang amat berat untuk dilaksanakan tak terbayangkan dari segi kemanusiaan”, tutur Bupati

Semoga ungkap Bupati, kegiatan pemotongan kurban esok dapat berjalan lancar diseluruh wilayah Kabupaten Pohuwato.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Pohuwato dan jajaran menyampaikan selamat merayakan idul adha 1444 H”, tandas Saipul.

Chris/D002/PJS

Your email address will not be published. Required fields are marked *