Patut Di Apresiasi, Universal Health Coverage Award Diraih Pemkab Pohuwato

Patut Di Apresiasi, Universal Health Coverage Award Diraih Pemkab Pohuwato

40 views
0

POHUWATO – Pemerintah Kabupaten Pohuwato menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS Award dari Pemerintah Pusat, di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/03/2023).

Universal Health Coverage (UHC) ini merupakan program strategis nasional yang mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Indonesia menargetkan penduduknya terlindungi kesehatannya melalui Program JKN-KIS pada tahun 2024 sesuai Inpres Nomor 1/2022.

Penghargaan di serahkan oleh Menteri Dalam Negeri Mohamad Tito Karnavian yang diterima Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa. Penyerahan tersebut turut disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin.

“Terima kasih atas penghargaannya. Ini menjadi momen kami untuk terus berkomitmen meningkatkan akses layanan kesehatan masyarakat, dan menjadi pertanda sebagai kepedulian kami untuk menjamin kesehatan masyarakat”, ungkap Wabup Suharsi Igirisa, saat dihubungi, Selasa (14/03/2023).

Wabup Suharsi Igirisa menyampaikan dalam program visi-misi pemerintahan SMS, pemenuhan peningkatan pelayanan kesehatan merupakan program unggulan dan prioritas pada periode 2021-2024.

“Alhamdulillah, sudah dua tahun pemerintahan kami, Kabupaten Pohuwato sudah mencapai UHC. Insha Allah kami akan selalu berupaya dan berkomitmen mempercepat memberikan pelayanan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pohuwato”, kata Wabup Suharsi Igirisa.

Capaian UHC ini, menurut Wabup Suharsi, membuktikan pula sinergitas, kolaborasi dan kerja keras dari seluruh stakeholder, termasuk BPJS Kesehatan hingga bisa mencapai 96,7 persen.

“Kami akan selalu berupaya dan berkomitmen mempercepat memberikan pelayanan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pohuwato. Dan Insha Allah kami akan memastikan agar semua masyarakat bisa tercover dengan program kita ini”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Pohuwato, Muhlis Amiruddin menambahkan, terdapat 22 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota se-Indonesia termasuk Kabupaten Pohuwato menerima penghargaan Universal Health Coverage.

“Ya, tadi ada penyerahan penghargaan UHC Award 2023 kepada pemerintah daerah, karena dinilai telah melindungi penduduknya lebih dari 95 persen dan telah mendaftarkan penduduknya ke dalam PBPU Pemda (Pekerja Bukan Penerima Upah Pemerintah Daerah)”, ujar Muhlis.

Muhlis mengungkapkan, dalam setahun terakhir cakupan JKN di Kabupaten Pohuwato adalah tahun 2022 sebesar 83,75 persen. Dan itu jelas tidak UHC, karena persyaratan UHC adalah minimal 95 persen.

“Alhamdulillah kita berkoordinasi dan tentunya dukungan pemerintah daerah baik Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan jajaran, itu kita melakukan penambahan jumlah jiwa yang tercover secara bertahap dan akhirnya kita capai itu dan sekarang kepesertaan kita sudah mencapai 96,79 persen”, jelas Muhlis.

Chris/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *