Di Pohuwato, Menteri Pertanian Akan Melihat langsung Bendungan Randangan

Di Pohuwato, Menteri Pertanian Akan Melihat langsung Bendungan Randangan

46 views
0

Vanda Waraga
Sumber Hms Pemkab Pohuwato

JAKARTA, deteksinews.id – Rencana Kunjungan Menteri Pertanian, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P, atas undangan Bupati Saipul Mbuinga, selain hadiri panen raya dan akan bersama petani Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo.

Juga akan melihat langsung kondisi bendungan Randangan yang menjadi tumpuan para petani baik di Kecamatan Randangan, juga Patilanggio dan sebagian Duhiadaa.

Saat berdialog, Bupati Saipul Mbuinga selanjutnya menyampaikan permasalahan belum optimalnya Bendung Randangan.

Itu kata Bupati, karena belum memiliki saluran pembuang. Dan Bendung yang dibangun pada 2016 itu nantinya bisa mengairi kurang lebih 9.000 Ha lahan.

Dan dari 2.000 yang tercetak baru ada sekitar 400 sekian yang bisa ditanami, itupun hanya mempergunakan saluran alami.

Kalau sudah dibangun saluran pembuang jelas Bupati, maka potensi lahan yang 8 ribu sekian itu bisa termanfaatkan.

Kemudian kata Bupati, ada 6 ribu sekian haktare itu untuk perluasan daerah tanam, itu bisa dipompanisasi bersama TNI dalam rangka percepatan penambahan areal tanam.

“Hanya saja permasalahannya pada saluran pembuang yang belum terbangun”,jelas Bupati Saipul.

Pihaknya berharap kiranya permasalahan bendung Randangan bisa mendapat perhatian dari Kementerian Pertanian dan bisa dilakukan peninjauan langsung.

Karena bendung Randangan yang dibangun pada 2016 itu ada kewenangan masing-masing, seperti kewenangan pemerintah pusat sekitar 8.096,8 Ha di Randangan.

“Disamping peninjauan bendung Randangan, Pak Menteri juga itu bisa melakukan panen raya padi sawah pada areal 1.200 Ha lahan padi sawah di Kecamatan Duhiadaa pada akhir Mei.

Menteri Pertanian, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P, bangga atas keberhasilan yang dicapai petani Pohuwato.

Ia menegaskan komitmen pemerintah pusat untuk terus mendukung daerah-daerah yang memiliki potensi besar dalam sektor pertanian.

Menteri Pertanian mengaku berterima kasih atas undangan dari Bupati Pohuwato, semoga saja pada panen raya itu kami bisa hadir, dan melihat langsung hasil pertanian khususnya di sektor padi sawah yang ada.

“Terkait bendung Randangan yang diminta dioptimalkan, kami akan segera berkoordinasi ke Menteri PUPR nanti”, ungkapnya.

Iwan/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *