Sepuluh Warga Binaan Lapas Pohuwato Melakukan Perekaman KTP-EL Di Dukcapil

Sepuluh Warga Binaan Lapas Pohuwato Melakukan Perekaman KTP-EL Di Dukcapil

31 views
0

POHUWATO, deteksinews.id – Sepuluh orang Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIb Pohuwato Upt Kanwil Kemenkumham Gorontalo mendapat layanan perekaman KTP-EL agar dapat mencoblos dalam Pemilu 2024 nanti.

Layanan perekaman ini digelar di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pohuwato, Selasa (05/04).

Kepala Subseksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan Iswan Syahrain mengatakan, warga binaan Lapas juga mempunyai hak untuk memilih dalam Pemilu Tahun 2024 mendatang.

“Bagi yang belum mempunyai identitas diri akan kita rekam. Tetapi, bagi yang tidak punya KTP-EL karena entah itu hilang atau waktu itu untuk penyidikan, kita bantu lihat data NIK-nya untuk kita cetak kembali,” jelasnya.

Salah satu syarat untuk bisa memilih dalam pemilu adalah pemilih mempunyai KTP-El.

“Pelayanan ini dilaksanakan bukan hanya karena agar mereka bisa ikut pemilu saja, tetapi nanti jika mereka pulang, mereka juga harus mempunyai KTP-El,” katanya.

Sementara itu, Plh. Kepala Lembaga Pemasyarakaran Frangki G. Ma’ruf mengungkapkan kegiatan Disdukcapil adalah untuk menyaring warga binaan yang belum ada NIK-nya.

“Tujuannya untuk Pilkada atau pemilu yang akan datang,” imbuhnya.

Frangki menjelaskan, ada beberapa warga binaan yang sudah memiliki NIK tapi tidak mempunyai KTP.

“KTP-EL ini akan dimanfaatkan untuk pemenuhan-pemenuhan hak dari Warga Binaan dan untuk mempersiapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024,” tutupnya.

Humas Lapas/Vanda Waraga/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *