PMD Gelar Orientasi Kepemimpinan Dan Penyelenggaraan Pemerintah Desa

PMD Gelar Orientasi Kepemimpinan Dan Penyelenggaraan Pemerintah Desa

37 views
0

Vanda Waraga/editor

POHUWATO, deteksinews.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pohuwato melalui Bidang Bina Pemerintahan Desa menggelar Orientasi Kepemimpinan dan Penyelenggaraan Pemerintah Desa, bertempat di Grand Mega Zanur Hotel, Kota Gorontalo, Rabu (01/03/2023).

Kegiatan orientasi ini dibuka oleh Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa, dan dihadiri oleh Asisten Pemkesra Arman Mohamad sekaligus sebagai pemateri. Kepala Dinas PMD Refli Basir, Kabid Bina Pemdes Iswan Bouty, dan Camat.

Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa apresiasi pelaksanaan kegiatan orientasi kepemimpinan dan penyelenggaraan pemerintahan desa yang dilaksanakan oleh Dinas PMD Kabupaten Pohuwato.

“Saya selaku pemerintah daerah mengapresiasi kegiatan ini, dan seluruh peserta dapat bersama-sama mengikuti dengan serius kegiatan ini, untuk meningkatkan kapasitas kepala desa dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.”, kata Suharsi.

Kegiatan ini, menurut Wabup Suharsi, bisa membawa perubahan mindset atau pola pikir Kepala Desa dalam menjalankan roda pemerintahan desa dan perilaku pelayanan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini dapat membawa perubahan baik perilaku dan pola pelaksanaan pemerintahan desa”, tuturnya.

Wabup Suharsi Igirisa pun berharap semua peserta mendapatkan penjelasan teknis, karena orientasi ini merupakan moment penting untuk dan harus dilaksanakan. Karena, menurutnya, anggaran pelaksanaan kegiatan tersebut pada dasarnya adalah memakai anggaran bapak ibu kepala desa sehingga kegiatan jangan disia-siakan.

“Mari kita ikuti kegiatan ini, dan tolong jangan di sia-siakan dan jangan dijadikan sebagai kegiatan kebutuhan tapi implementasi bapak ibu dalam menjalankan pemerintahan desa dan pelayanan kepada masyarakat”, pungkas Suharsi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pohuwato, Refli Basir menambahkan, OKPPD ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta semangat pengabdian dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintah desa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya berharap seluruh kades dapat mengikuti masa orientasi ini dengan sungguh-sungguh, agar selanjutnya dapat menambah kompetensi kinerja dalam penyelenggaraan pemerintah desa masing-masing”, ujar mantan Kadis Pangan itu.

Hms/Chris/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *