Saat Hujan Mengguyur, Sejumlah Rumah Warga Di Desa Teratai Jadi Langganan Genangan Air

Saat Hujan Mengguyur, Sejumlah Rumah Warga Di Desa Teratai Jadi Langganan Genangan Air

19 views
0

Editor Vanda Waraga PJS

Pohuwato, deteksinews.id – Hujan yang mengguyur wilayah Marisa Kabupaten Pohuwato tampaknya membuat pemukiman warga di genangi air, dan hal ini pun sudah sering kali terjadi saat hujan turun.

Demikian hal yan dialami masyarakat Desa Teratai dan sekitarnya, selain berpengaruh terhadap akses jalan didepan rumah mereka, juga mereka diwanti-wanti dengan penyakit berbahaya.

Ketika awak media semalam, Minggu (12/02/2023) mewawancarai warga setempat menyampaikan bahwa hal itu sudah sering terjadi, olehnya, ia berharap agar persoalan yang sering mereka alami tersebut bisa segera diatasi oleh Pemerintah.

“Kami pak hanya rakyat biasa, kami sih berharap pemerintah khususnya Pemda Pohuwato bisa turun langsung melihat kondisi kami, apalagi ketika genangan air terjadi dalam waktu lama, kami jadi was-was khawatir bisa kena penyakit dari genangan air ini,”ujar warga sembari

Seketika pihak awak media langsung menghubungi pihak terkait Pemda Pohuwato, melalui Kabag Pembangunan, Ir. Risdyanto Mokodompit, menyampaikan bahwa pihaknya terus melakukan upaya penanganan secara maksimal.

“Lankah permanen kami sudah upayakan dengan penanganan melalui APBN yg dalam waktu dekat akan ada peninjauan dari BNPB Jakarta, atas perjuangan bapak bupati,”ujar Ir. Risdiyanto, Senin (13/02/2023) via WhatsApp.

Dalam penyampaiannya, mantan Plt Kepala Dinas PUPR Pohuwato menyatakan bahwa, bukan hal biasa dan membutuhkan biaya besar untuk penganan secara permanen.

“Selama ini hanya penanganan temporer karena terbatas anggaran daerah sehingga masih sering terjadi genangan bila hujan datang,”terangnya.

“Makanya pemda tetap mengupayakan adanya alokasi anggaran yg besar dari APBN untuk menuntaskan persoalan banjir di Teratai, karena sedimentasi yang tdk terkendali di saluran yang ada,”jelasnya.

Your email address will not be published. Required fields are marked *