Datangi Dinas Perikanan Pohuwato, GMPDB Minta Usut Tuntas Kasus Kapal Ikan Milik Koperasi BJM

Datangi Dinas Perikanan Pohuwato, GMPDB Minta Usut Tuntas Kasus Kapal Ikan Milik Koperasi BJM

166 views
1

Yanto Samarang : Kami Minta Aparat Polisi Mengusut Tuntas Kapal Ikan Milik Koperasi yang Sudah  Tidak diketahui keberadaannya

POHUWATO (DETEKSINEWS.ID) – Kantor Dinas Perikanan Kelautan Kabupatenn Pohuwato, Senin, (05/09), Pagi, menjadi sasaran kedatangan sejumlah masa untuk meminta agar kasus Kapal Ikan milik Koperasi Bitila Jaya Mandiri (BJM).

Ratusan masa yang menggusung Gerakan Masyarakat Peduli Desa Bumbulan (GMPDB) yang merupakan bagian dari elemen masyarakat itu, selain meminta Dinas Perikanan dan instansi terkait untuk mengusut tuntas kasus kapal ikan yang kini tidak diketahui keberadaannya tersebut, juga meminta kejelasan pengoperasian pabrik es sebagai penunjang aktifitas nelayan.

Jendral Lapangan GMPDB Yanto Samarang dalam tuntutannya meminta pemerintah melalui dinas terkait untuk mengidentifikasi dan mengembalikan kapal tersebut kepada kelompok nelayan dibawah naungan koperasi Bitila Jaya Mandiri.

“Kami minta aparat hukum mengusut tuntas masalah pengurus/pengelola koperasi yang ridak bertanggung jawab. Selain itu kami juga minta kejelasan pengelolaan pabrik es yang juga tidak jelas sanpai sekarang,” seru Yanto Samarang dalam orasinya.

Yanto Samarang yang ditanya awak media ini usai aksi unjuk rasa menjelaskan, pihaknya juhq meminta dan mendesak transparansi pengelolaan retribusi PAD di Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

“Saya menduga, ada indikasi pungli yang dilakukan oleh oknum petugas TPI Paguat dan meminta pemerintah daerah meninjau kembali penanggung jawab TPI Paguat,” ketusnya.

Dalam aksinya, GMPDB diterima oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap l, Zainuddin Zakaria, dan Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Hasyim Mertosono.

Dihadapan masa aksi Zainudin Zakaria menjelaskan secara rinci terkait proses keberadaan kapal ikan yang dikelola oleh Koperasi Bitila Jaya Mandiri.

“Kami akan mengundang pengurus Koperasi terkait keberadaan kapal ikan tersebut dengan menghadirkan anggota koperasi beserta pihak pihak terkait,” Jelas Zainudin yang disambut aplaus oleh masa aksi.

Pantauan awak media juga, aparat kepolisian berjaga dan memantau langsung masa aksi sejak dari depan Polres Pohuwato hingga di depan kantor Dinas Perikanan Pohuwato.##PJS-D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *