Ilegal Logging Dan Aktifitas PETI Di Taluditi Bakal Pengaruhi  Irigasi Marisa 6, Ini Langkah Kadis PU Pohuwato

Ilegal Logging Dan Aktifitas PETI Di Taluditi Bakal Pengaruhi Irigasi Marisa 6, Ini Langkah Kadis PU Pohuwato

86 views
0

Muzamil Hasan

POHUWATO, deteksinews.id – Perambahan hutan melalui ilegal Logging serta kerusakannya akibat PETI, marak di salah satu kawasan di Kecamatan Taluditi.

Dan dipastikan, kegiatan ilegal ini akan mempengaruhi pekerjaan dan hasil proyek peningkatan irigasi di Marisa 6 Desa Puncak Jaya Kecamatan Taluditi.

Pasalnya proyek ini mulai dibangun namun bersentuhan dengan aktifitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) dan aktifitas perambahan hutan melalui ilegal Logging.

Khusus ilegal Logging, hasil pantauan lapangan di sinyalir dimainkan oleh salah satu oknum APH, melalui kegiatan yang berkedok usaha.

Kegiatan yang bakal mempengaruhi pembangunan serta aktifitas irigasi nanti, mendapatkan perhatian khusus Kadis PU dan Tata Ruang Kabupaten
Pohuwato

Pasalnya, proyek yang bersumber dari APBD TA 2023 tersebut dibandrol dengan Rp. 14 546. 332. 000, sehingganya perlu diawasi secara optimal.

Dan itu diakui Kadis PU dan Tata Ruang Kabupaten Pohuwato Risdianto Mokodompit.

Kepada awak media beberapa waktu lalu, Risdianto akan optimal kawal pelaksanaan kegiatan pembangunan tersebut.

“Saya akan optimal mengawal proses pelaksanaan pekerjaan pembangunannya.” Tegas Risdianto.

Pihaknyapun kata Risdianto memberikan warning ke perusahaan pemenang tender agar optimal bekerja sesuai bestek yang ada.

“Sayapun meminta agar tepat waktu sehingga tidak bermasalah di kemudian hari nanti.” Tegas pejabat yang baru dilantik tersebut.

Disinggung aktifitas pertambangan Emas di wilayah tersebut Risdianto akan melakukan kajian nanti.

Itu terang Risdianto, akan berpengaruh pada pelaksanaan beserta hasil, dan itu menjadi perhatian nanti.

“Terkait aktifitas PETI, saya akan menyurati pihak berkompeten.” Ungkapnya melalui saluran seluler, Senin (19/6/23) 2 pekan lalu.

Sementara pemilik usaha kayu di Marisa 6 yang juga disinyalir anggota APH ketika dikonfirmasi saat awak media ini dilokasi usahanya selalu menghindar dan beralasan ada di luar daerah.

Begitu pula saat berpapasan di salah satu tempat di kawasan pantai pohon cinta, Selasa malam (4/7) langsung menghindar saat akan dikonfirmasi terkait kegiatannya tersebut.

Pemerintah Desa Puncak Jaya ketika dikonfirmasi awak media Rabu, (5/7) langsung merespon dengan baik.

“Hari ini dari pihak Kehutanan akan turun kelokasi pak.” Ujarnya melalui pesan singkat WhatsApp

D002/PJS

Your email address will not be published. Required fields are marked *