PERSOALAN IPA LEMITO TAK KUNJUNG ADA SOLUSINYA

PERSOALAN IPA LEMITO TAK KUNJUNG ADA SOLUSINYA

112 views
0

Muzamil Hasan

POHUWATO, deteksinews.id – Pantauan awak media , Selasa (13)6/23) kondisi Instalasi Pipa Air (IPA) Lemito tak kunjung ada solusinya, air tetap tidak bisa mengalir secara normal.

Padahal proyek TA 2022 ini berbandrol 5 Milyar lebih, meskipun sudah di resmikan Wakil Bupati periode April lalu, namun hingga saat ini belum berfungsi dan belum dimanfaatkan secara normal.

Sebelumnya Lembaga Aliansi Indonesia sudah angkat bicara terkait belum berfungsinya Instalasi Pengelolaan Air minum (IPA) di Kecamatan Lemito.

Padahal proyek IPA yang diresmikan Wakil Bupati Pohuwato Suharsih Igirisa (20/3) lalu tersebut, seakan hanya mempertontonkan ilusi progres pekerjaan di hadapan pemerintah daerah.

Sehingganya LAI melalui Harson Ali meminta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pohuwato menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait persoalan tersebut.

“Bila perlu kita uji ke APH, dan saya siap melaporkannya bila perlu.” Tegas pegiat anti korupsi ini.

Saling lempar tanggung jawab dan seolah pembenaran milik mereka yang terkait dengan IPA Lemito bukanlah solusi.

“Bagaimana IPA itu memberi manfaat dan normal pengolahan air bersihnya, itu solusinya.” Terang Harson mengingatkan.

Sementara kata Harson, pemilik program dalam hal ini Bidang Cipta Karya Dinas PU Kabupaten Pohuwato, terkesan seakan tak punya beban dalam persoalan tersebut.

Pertanyaannya kata Harson, siapa yang mengundang Wabup meresmikan IPA yang notabene pekerjaan masih menyisahkan sejumlah item yang menjadi penyebab air tidak bisa mengalir normal.

“Apakah kondisi ini harus dipaksakan di resmikan ?, Apakah karena waktu pelaksanaan sudah melewati batas kontrak kerja.” Tegas Harson.

Jangan kata Harson, Wakil Bupati di bawah ke sebuah agenda dan meresmikan program yang belum selesai dan tidak siap di gunakan.

“Ini namanya memberikan ruang mimpi yang endingnya persoalan baru ” ungkap putera kelahiran Randangan tersebut.

Tambah Harson, bila tidak ada niat baik pemilik program dan pelaksana pekerjaan, maka langkah terakhir diuji melalui aduan ke APH.

Apalagi urai Harson, pagu anggaran untuk pekerjaan itu sebesar 5 milyar lebih dan menggunakan dana APBD.

Sebelumnya juga progres pekerjaan ini sudah mendapat kritikan dari DPRD Pohuwato melalui Ketua Komisi III Rizal Pasuma.

Kepala Dinas PU Kabupaten Pohuwato Rusdiyanto Mokodompit, saat di hubungi melalui pesan WhatsApp, Selasa sore (13/6/23) akan turun lapangan dan melihat langsung kondisi IPA.

“Nanti kita akan lihat dan turun langsung. Ok nanti kita cek langsung” Tegas pejabat yang belum lama dilantik kadis PU difinitif tersebut.

D002/PJS

Your email address will not be published. Required fields are marked *