Kapolda Gorontalo Gelar Pertemuan Silaturrahim dengan KPU, Bawaslu dan Pimpinan Parpol

Kapolda Gorontalo Gelar Pertemuan Silaturrahim dengan KPU, Bawaslu dan Pimpinan Parpol

10 views
0

GORONTALO, DETEKSINEWS.ID-Untuk membangun komitmen menyuskeskan Pemilu 2024 agat aman dan damai, KAPOLDA Gorontalo, Irjen Pol. Helmy Santika, SH., S.I.K., M.Si, menggelar pertemuan dan bersilaturrahim dengan KPU, Bawaslu serta pimpinan partai politik se-Provinsi Gorontalo.

Pertemuan silaturrahmi dilaksanakan di Lobby Presisi I Polda Gorontalo, Rabu (31/08).

“Sengaja kami mengundang bapak-bapak sekalian adalah untuk memperkenalkan diri sebagai warga baru. Untuk itu, melalui kesempatan ini mohon kiranya saya bisa diterima menjadi warga Provinsi Gorontalo dan mudah-mudahan bisa memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat Provinsi Gorontalo,” kata Helmy.

Kapolda Helmy mengatakan, melalui pertemuan ini diharapkan bisa terbangun komitmen bersama dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024 dengan aman, damai dan kondusif

“Siapapun yang menang nanti, terserah, namun yang terpenting, situasi tetap aman, damai, buat apa partai A menang tapi kemudian daerah rusuh dan hancur. Sebaiknya, siapapun pemenangnya kita semua mendukung. Oleh karena itu, kita sepakat membangun komitmen bersama untuk menyukseskan Pemilu 2024 di daerah ini aman, damai serta kondusif,” imbuhnya.

Helmy menegaskan, dalam kaitan penyelenggaraan Pemilu, bukan Polri mengambil kewenangan KPU, tetapi pihaknya justru mendukung agar penyelenggaraan pemilu semakin baik.

“Nantinya kita akan menugaskan LO yang bertugas untuk mengakomodir semua persoalan yang muncul, untuk kemudian kita bantu mengambil jalan keluarnya. Karena disetiap tahapan Pemilu, ada kerawanannya Kita bantu penyelesaian setiap permasalahan lebih dini,” terang Jenderal bintang dua itu.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem, S.Ag., M.Pd, dalam penyampaiannya memberikan apresiasi atas kegiatan pertemuan antara penyelenggara Pemilu dengan para pimpinan partai politik yang diinisiasi oleh Kapolda Gorontalo.

“Kami sangat mengapresiasi pertemuan ini. Sebenarnya pertemuan silaturohmi seperti ini sudah ada niatan dari kami, tetapi memang sulit bagi kami KPU untuk mengadakan pertemuan silaturohmi non tehnis, khawatir akan ada bias-bias persepsi jika kami buat pertemuan non tehnis, sehingga pertemuan yang kami lakukan lebih kearah tehnis terkait persoalan-persoalan kepemiluan,”

Fadliyanto berharap agar setiap pimpinan parpol dan masyarakat memiliki mindset bahwa pemilu bukan hanya sekedar menjadi hajatan bersama, melainkan menjadi kebutuhan bersama yang harus dijaga secara bersama-sama.

“Kami punya harapan sangat besar bahwa Pemilu dalam setiap mindset para pimpinan partai politik dan masyarakat bukan sekedar hajatan bersama namun menjadi kebutuhan bersama. Karena dia menjadi kebutuhan bersama, seharusnya dijaga bersama-sama pula. Persoalan bahwa di setiap pemilu ada kepentingan-kepentingan itu adalah bagian dari dinamika yang bukan menjadi tujuan utama. Tujuan utamanya adalah bagaimana menjadikan roda generasi atau regenerasi kepemimpinan disetiap momen itu terjadi,” imbuhnya.

Selanjutnya dari beberapa pimpinan parpol diberikan kesempatan untuk menyampaikan berbagai permasalahan yang ditemui. Salah satunya, wakil dari partai Golkar yang berpesan kepada KPU agar sebagai wasit jangan ikut bermain.

“Terjadinya pertikaian disetiap pertandingan perlombaan permainan kalau wasit ikut bermain. Oleh karena itu, melalui kesempatan ini juga, kita ingin berikrar bersumpah bersama bahwa sebagai penyelenggara tidak akan ikut bermain, karena itu awal permusuhan,” ungkap ketua OKK DPD I Partai Golkar Provinsi Gorontalo, H. Idrus M. Thomas Mopili, SE.,MM.

Turut hadir mendampingi Kapolda Helmy, Dirintelkam, Dirreskrimum, Kabidpropam dan Kabidhumas. Sementara tamu undangan yang hadir antara lain ; Ketua KPU Prov. Gorontalo Fadliyanto Koem, S.Ag., M.Pd, Ketua Bawaslu Prov. Gorontalo Dr. Jaharudin Umar, S.Pd., M.Pd, MH, Perwakilan Kajati Gorontalo, Mulyadi Abdullah, SH., MH, Ketua DPW PKB Prov. Gorontalo yang diwakili oleh sekretaris DPW, Abdullah K. Diko, Ketua DPD Partai Gerindra yang diwakili oleh Muhammad Nasir Majid, SH., MH, Ketua DPD PDIP Prov. Gorontalo yang diwakili oleh Wakil Ketua Bid. Komunikasi Politik, Yunan Bau, Ketua DPD I Partai Golkar yang diwakili oleh Wakil ketua OKK, Idrus M. Thomas Mopili, SE., MM, Ketua DPW Partai Nasdem Prov. Gorontalo yang diwakili oleh Sekretaris Ridwan Monoarfa, Ketua DPW PKS Prov. Gorontalo H. Adnan Entengo, A.Md., S.Ap., M.Pd , Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan Prov. Gorontalo yang diwakili oleh Sekretaris DPW H. Syarwan La Duhu, Ketua DPW PAN Prov. Gorontalo yang diwakili oleh Wakil Ketua DPW, Drs. Syafwan Arsyad, Ketua DPD Partai Hanura, yang diwakili oleh Sekretaris DPD, Fence Abas, SE, dan Ketua DPD Demokrat Prov. Gorontalo yang oleh Direktur Eksekutif Demokrat Dafid Rajak.##Hms/PJS/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *