PENCEGAHAN COVID-19 DI LAPAS KELAS IIA GORONTALO DIPANTAU KANWIL KEMENKUMHAM

PENCEGAHAN COVID-19 DI LAPAS KELAS IIA GORONTALO DIPANTAU KANWIL KEMENKUMHAM

36 views
0

Editor Muzamil Hasan

KOTA GORONTALO, (deteksinews.id)  Buntut terpaparnya 2 orang tahanan titipan yang dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Gorontalo dan 1 orang petugas, mendorong Tim Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo memantau langsung.

Tim dipimpin langsung  Bagus Kurniawan selaku Kadivpas  di dampingi Kepala Bidang Keamanan Yopy W Sumarauw dan Kepala Bidang Pembinaan Tjahja Rediantana Terjun Langsung ke Lapas Gorontalo, Senin (21/02/22).

Kunjungan kerja Tim ini, dalam rangka penguatan tugas dan fungsi Pemasyarakatan dan juga melakukan pemantauan langsung situasi dan kondisi Lapas serta koordinasi upaya pencegahan wabah penyakit menular Covid kepada jajaran Lapas Gorontalo,

Terlihat kedatangan Kadivpas disambut langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Gorontalo, Indra S. Mokoagow yang juga didampingi pejabat struktural Lapas.

Dalam keterangannya Bagus menjelaskan bahwa “Kanwil Gorontalo terus melakukan pemantauan terhadap seluruh UPT di wilayah kerja Gorontalo, termasuk kegiatan di Lapas Gorontalo ini melakukan pemantauan dan memastikan kondisi Lapas.

“Dengan standar protokol kesehatan kami melakukan pemantauan langsung mulai dari pintu P2U, ruang pelayanan titipan, pos penjagaan serta ruang isolasi perawatan khusus bagi warga binaan yang terpapar virus covid”. ungkap Bagus.

Secara umum  kata Bagus,  kondisi di dalam Lapas Gorontalo cukup kondusif, dan memenuhi standar kesehatan pencegahan Covid-19.

“Terpantau petugas dan warga binaan menggunakan masker, dan tersedia hand sanitizer serta, masih berfungsinya kran-kran jaringan air dan sabun untuk cuci tangan” beber Bagus .

Sementara itu Kalapas Gorontalo Indra S. Mokoagow melaporkan situasi dan kondisi terkini menyangkut keamanan serta kegiatan pembinaan dan layanan penanganan pencegahan covid yang ada di lapas.

“Alhamdulilah secara umum Lapas Gorontalo masih tetap kondusif dari sisi keamanan dan ketertiban.” Jelas Indra.

Pihaknya kata Indra, mengintruksikan seluruh petugas lapas tetap semangat menjaga komitmen, tertib dalam bertugas, saling mendukung dalam hal yang positif.

Khusus langkah antisipasi terhadap penularan virus covid di dalam Lapas terang Indra, , maka beberapa upaya di lakukan antara lain, merumahkan sementara waktu (bekerja di dalam rumah) beberapa petugas yang telah dilakukan Test Swab pada hari sabtu kemarin.

Selain itu melakukan lokalisir terhadap WBP yang dilakukan test Swab dengan menempatkan mereka di ruang isolasi khusus.

“Upaya lain yang juga telah kami lakukan adalah pembagian vitamin kepada warga binaan untuk tetap menjaga imun tubuhnya.” ungkap Indra.

(Humas Lapas Gorontalo/D001)

Your email address will not be published. Required fields are marked *