Gubernur Badani Percepatan DOB Bonpes

Gubernur Badani Percepatan DOB Bonpes

120 views
0

Laporan Eros Muja

Editor Muzamil Hasan

KOTA GORONTALO, + (deteksinews.id) – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie akan membadani proses percepatan Daerah Otonomi  Baru (DOB) Kabupaten Bone Pesisir (Bonpes).

Hal ini terpantau dari hasil perbincangan tiga Tokoh diantaranya,  Ketua Komisi II DPR RI, Gubernur Gorontalo dan Ketua Komite Pembentukan Kabupaten. Bone Pesisir, saat sebelum balik ke Jakarta,

“Pak Doktor Ridwan Bonpes akan saya badani sampai jadi bersama Pak Ahmad Doli, kata  Rusli Habibie  disaat diskusi singkat  tiga tokoh tersebut.

Kontan pernyataan tersebut langsung diapresiasi Ketua Panitia Pembetukan Bonpes Ridwan Tohopi, diamini tokoh pemuda Bonpes, Rosihan Kaluku dan Lion Hidjun serta Tokmas Ardjun Mogulaingo.

Sebelumnya kunker Ketua Komisi II DPR RI dan Presedium Percepatan DOB Bertemu Di Rudis Gubernur,

Nampaknya percepatan pembentukan daerah otonom baru (DOB) mulai memberi harapan.

Hal ini terpantau dari kunjungan kerja spesifik Ketua Komisi II DPR RI, Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, S.Si.,M.T yang dirangkaikan dengan pertemuan presidium percepatan pemekaran kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo yang berlangsung di aula rumah jabatan Gubernur. Sabtu (30/10)

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie menyampaikan, untuk Provinsi Gorontalo ada lima daerah yang rencana akan dimekarkan diantaranya Kabupaten Gorontalo Barat, Boliyohuto, Panipi, Bone Pesisir dan Kota Telaga.

Kelima daerah pemekaran tersebut merupakan usulan dari masyarakat yang ingin memperpendek rentan kendali pemerintahan.

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli mengapresiasi Pemprov Gorontalo dalam memajukan daerah  serta apresiasi pula kepada pemerintah kabupaten yang benar-benar memperjuangkan pemekaran demi kemajuan daerah itu sendiri.

Diingatkan pula dalam proses pemekaran daerah harus mempersiapkan segala sesuatunya antara lain yang berhubungan dengan administrasi.

Dia berharap,  pemekaran daerah itu memang untuk kebutuhan objektif, dalam hal ini memperhatikan dasar proses pemekaran daerah itu sendiri yaitu yang bisa mempersempit rentan kendali sebagai proses pembangunan dan pengendalian kemajuan daerah tersebut.

Ketua Panitia Pembentukan DOB Bonpes DR. Ridwan Tohopi mengatakan, saat ini kerinduan masyarakat wilayah Bone Pesisir terkait pemekaran begitu besar.

“Alhamdulillah dukungan pak Gubernur, Pemkab serta DPRD Bonebol dsn masyarakat luar biasa.” Pungkasnya.

(Eros/Muzamil Hasan)

Your email address will not be published. Required fields are marked *