AJI Manado Kampanyekan Kebebasan Dan Kesejahteraan Pers Sulut

AJI Manado Kampanyekan Kebebasan Dan Kesejahteraan Pers Sulut

31 views
1

Laporan : Noufryadi Sururama

MANADO, (deteksinews.id) –  Hari Kebebasan Pers Internasional, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado menggelar kampanye tentang kebebasan dan kesejahteraan pers di sulut.

Aksi yang digelar di Tugu Zero Point tepatnya di pusat Kota Manado ini berjalan lancar, Senin (3/05) pukul 16:00 WITA.

“Kegiatan ini kami selenggarakan untuk mengkampanyekan bagaimana soal kebebasan dan kesejahteraan pers yang ada di Sulut, dan bagi para pemangku kepentingan bisa memperhatikan kerja dari pers itu sendiri, sebagaimana tertuang dalam kode etik jurnalistik sebab kami juga bagian dari buruh yang bekerja setiap hari dengan penuh banyak resiko dalam menjalankan tugas jurnalistik,” terang Fransiskus yang selaku Ketua AJI Kota Manado saat di wawancarai media.

Lebih lanjut, Fransiskus mengatakan bahwa kegiatan ini sekaligus dengan memperingati May Day (Hari Buruh).

“Pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka memperingati hari kebebasan pers sedunia yang jatuh setiap tanggal 3 Mei, serta berkaitan dengan May Day,” tambah Fransiskus.

Dia juga berharap kepercayaan masyarakat terhadap pers bisa terbangun kembali.

“Semoga bisa membangun kembali rasa empati masyarakat kepada kami yang bekerja untuk publik, tapi kebanyakan pers masih di intimidasi dengan berbagai cara mulai dari kekerasan fisik dan secara digital,” tutup Fransiskus.

Dalam pantauan media terlihat sekitar 20 peserta dalam aksi kampanye ini, dan diakhiri dengan bagi-bagi bunga kepada pejalan kaki, pengemudi, dan penumpang Angkutan Kota (Angkot).

(D001)

Your email address will not be published. Required fields are marked *