PELAYANAN ADMINISTRASI  KEPENDUDUKAN DI POHUWATO, GUNAKAN APLIKASI ONLINE

PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI POHUWATO, GUNAKAN APLIKASI ONLINE

53 views
0

Laporan Moh Kenzi
Editor Muzamil Hasan

POHUWATO, (deteksinews.id) – Pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo, sudah mulai menggunakan aplikasi online.

Guna mengoptimalkan pelayanannya, Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga, Lounching aplikasi online pelayanan administrasi kependudukan (Simontok).Selasa (20/4)

Bupati apresiasi langkah dinas Dukcapil atas launcing aplikasi online yang momennya bersamaan dengan pandemi covid-19 yang melanda dunia, Indonesia dan kabupaten Pohuwato khususnya.

Melalui aplikasi ini tentu masyarakat tidak perlu lagi datang secara beramai-ramai ke dinas dukcapil.

Tapi terang Bupati, cukup di rumah saja, di kantor atau di tempat masing-masing tapi harus tetap ada jaringan internetnya.

Bupati Saipul Mbuinga berharap, aplikasi ini bisa bermanfaat, karena aplikasi online layanan administrasi kependudukan ini juga diharapkan dapat menghilangkan pungutan liar dan proses percaloan.

Plt. Kadis Dukcapil, Ahmad Djuuna menambahkan, aplikasi online layanan administrasi kependudukan ini berbasis android, dan aplikasinya bisa dicari di APP playstore dengan nama dukcapil pohuwato online.

“Masyarakat bisa menginstalnya di hand phone android masing-masing.” Kata Djuuna.

Aplikasi ini disediakan untuk memudahkan masyarakat dalam urusan administrasi kependudukan, sehingga bisa hemat waktu, tenaga juga biaya serta resiko perjalanan juga diperkecil.

Dijelaskan Ahmad Djuuna, pelayanan onine ini bisa di cetak sendiri di tempat kecuali KTP dan KIA yang masih menggunakan blangko.

“Aplikasi sistim informasi manajemen pelayanan online dan terintegrasi data kependudukan, (Simontok) akan berlaku sejak di launcing pada hari ini.” ucap Djuuna.

(D-001)

Your email address will not be published. Required fields are marked *