Kesal Dijadikan Tempat Buangan Sampah, Warga Desa Lawonu Tutup Akses Jalan

Kesal Dijadikan Tempat Buangan Sampah, Warga Desa Lawonu Tutup Akses Jalan

770 views
2

KABUPATEN GORONTALO (DETEKSINEWS.ID)–Merasa kesal dengan lingkungannya dijadikan sebagai tempat buangan samoah, sejumlah warga Desa Lawonu, Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo, terpaksa menutuo akses jalan.

Aksi sejumlah warga tersebut dipicu saat jalan sebagai jalan umum yakni Jalan Kenari, tepatnya, perbatasan Desa Lawonu dan Desa Tenggela, kini telah dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah.

Sebelumnya, warga sudah beberapa kali memperingatkan warga yang sembarangan membuang sampah di jalan umum tersebut.

Kepala Desa Lawonu, Hariyanto Amrain ketika dikonfirmasi di lokasi kejadian pada Selasa (02/03) Sore tadi mengaku jika hal ini sudah berlangsung lama.

“Ini sudah berlangsung lama. Dan kami Pemerintah Desa sudah berulang kali pula memperingatkan warga agar tidak sembarang membuang sampah. Dan, akibatnya, warga yang sudah merasa kesal demgan kondisi ini harus memblokir jalan ini,” tutur Hariyanto.

Menurut Hariyanto, pemblokiran jalan baru kali ini terjadi. Namun demikian, ucap pria yang sudah memasuki periode kedua sebagai Kepala Desa itu, pihaknya akan secepatnya menindak-lanjuti persoalan ini.

“Kami akan secepatnya melakukan komunikasi dengan pihak yang telah memblokir jalan agar jalan tersebut secepatnya pula akan dibuka,” tuturnya.

“Memang kemarin saya sudah melaksanakan rapat dengan para pihak untuk proses pembersihan sampah di jalan ini. Tapi, tiba-tiba saya dapat laporan kalau jalan ini sudah diblokir,” imbuhnya melanjutkan.

Disinggung adanya sinyalemen miring dari warga bahwa sampah tersebut akibat adanya perumahan di kompleks Desa Tenggela yang berbatasan dengan Desa Lawonu, Hariyanto enggan bersepekulasi.

“Saya juga tidak tahu soal itu. Hanya saja, memang sebelum ada perumahan, sampah di wilayah sini sangat sedikit,” pungkasnya. ## (Det-02).

 

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *