Gratis, Pemkab Gelar Operasi Bibir Sumbing

Gratis, Pemkab Gelar Operasi Bibir Sumbing

20 views
0

Vanda Waraga

GORONTALO POHUWATO, Pemda Pohuwato kembali menggelar bakti sosial operasi celah bibir dan lelangit secara gratis kepada masyarakat.

Operasi atas kerja sama Pemda Pohuwato dan Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanaddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan merupakan operasi tahap III yang berlangsung di RSUD Bumi Panua dan diikuti dua daerah tetangga.

Di mana pada tahap III ini operasi tersebut diikuti 19 anak-anak dan orang tua. Proses operasi itu sendiri dipantau langsung Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, Kapolres Pohuwato, Dandim 1313 Pohuwato, Kajari Pohuwato, Sekda Iskandar Datau serta sejumlah pimpinan OPD, Jum’at, (22/12/2023).

Bupati Saipul Mbuinga menjelaskan, pelaksanaan operasi ini merupakan tindak lanjut dari program kerja sama antara Pemda Pohuwato dengan Fakultas Kedokteran, Unhas, Makassar.

“Ia, atas kerja sama ini, maka operasi celah bibir dan lelangit kembali digelar dan sudah kali ketiga dilakukan setelah tahap I pada Februari 2022 sebanyak 34 orang. Kemudian di tahap II di bulan Agustus 2022 sekitar 32 orang, dan tahap III saat ini 19 orang”,jelasnya.

Atas nama pemerintah daerah, Bupati Saipul menyampaikan banyak terima kasih kepada dr. Tajrin sebagai Pimpinan Tim Kedokteran dari Fakultas Gigi dan Mulut, Unhas, Makassar yang sudah 3 kali mengirimkan timnya ke Pohuwato beserta seluruh tim dokter spesialis yang kembali hadir di Pohuwato melakukan bakti sosial operasi celah bibir dan lelangit.

“Kami sangatlah bersyukur, karena sasarannya adalah bagaimana masyarakat Pohuwato yang mengalami persoalan di celah bibir dan lelangit itu bisa bebas dari penyakit tersebut. Alhamdulillah, kerja sama ini sangat baik dan intens dilakukan Pemda Pohuwato lewat MoU dengan Unhas, Makassar. Alhamdulillah pula apa yang menjadi harapan anak-anak kita khususnya yang mengalami persoalan di bagian bibir dan lelangit itu bisa tertangani melalui proses operasi yang sementara kita saksikan sekarang ini”,terang Saipul.

Menurut Bupati Saipul Mbuinga, untuk operasi tahap IV kami mengajak kedua daerah yakni Sulawesi Tengah dan Kabupaten Boalemo manakala ada masyarakat dari kedua daerah itu yang mengalami persoalan bibir sumbing dan lelangitnya untuk bisa bekerja sama dengan Pemda Pohuwato yag secara kebetulan telah menandatangani kerja sama untuk penanganan-penanganan mereka yang punya persoalan bibir sumbing dan lelangit.

IWAN/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *