Wabup Suharsih Igirisa Pimpin Upacara Hari Ibu Ke- 95

Wabup Suharsih Igirisa Pimpin Upacara Hari Ibu Ke- 95

19 views
0

Vanda Waraga

GORONTALO POHUWATO – Peringatan Hari Ibu ke-95 yang digelar Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Pohuwato dilaksanakan di Gedung Panua Kantor Bupati Pohuwato, Kamis (21/12/2023).

Kegiatan upacara Hari Ibu ke-95 dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa yang juga sebagai Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), dengan mengusung tema ‘Perempuan Berdaya Indonesia Maju’.

Hadir dalam acara itu, Bupati Pohuwato Saipul A Mbuinga, Ketua TP PKK Ny Selvi Mbuinga Monoarfa, Sekda Iskandar Datau, Asisten Pemkesra Arman Mohamad, Staf Ahli Bupati Rustam Meleng, Pimpinan-pimpinan OPD dan seluruh Ketua-ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Pohuwato.

Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa menuturkan, peringatan hari ibu yang diselenggarakan setiap tahunnya merupakan salah satu momen yang penuh makna untuk menghormati, mengagungkan, dan bersyukur kepada para wanita hebat yang telah memberikan cinta tanpa syarat dan pengorbanan tanpa batas.

“Perayaan ini tentu bukan hanya tentang merayakan usia ke-95 Hari Ibu, tetapi juga merupakan kesempatan untuk merenung sejenak mengenai perjalanan panjang para ibu di sepanjang masa, perjalanan yang penuh liku, penuh tawa, dan kadang-kadang diwarnai oleh air mata”, ujarnya.

Meski begitu, ia mengatakan, setiap langkah yang diambil oleh para Ibu telah memberikan warna, kehangatan dan kebijaksanaan bagi kita semua.

“Dalam moment ini mari kita kenang bagaimana pelukan ibu menjadi tempat perlindungan pertama kita, dan bagaimana senyumnya mampu menyinari bahkan hari tergelap. Melalui tangan yang penuh kasih sayang, ibu membentuk kita menjadi individu yang kuat dan berdaya”, ucapnya.

Ia mengatakan, sebagai perempuan kita memiliki keunikan dan kemampuan luar biasa. Kita dapat berperan di berbagai bidang kehidupan, seperti politik, ekonomi dan pendidikan. Kita adalah pilar utama dalam membangun fondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan.

“Peran besar dan perjuangan perempuan sudah terlihat sebelum kemerdekaan. Kita melihat para perempuan bersatu untuk berpartisipasi dalam perjuangan Indonesia menjadi Negara yang merdeka dan berdaulat. Perempuan punya kesempatan secara setara untuk menjalani beragam profesi sesuai pilihannya sendiri”, tuturnya.

Perempuan juga, katanya, sudah terbukti berhasil menopang perekonomian melalui Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM). Begitu pula di ranah demokrasi pada pemilu serentak tahun 2024 nanti menjadi panggung perempuan di ranah publik.

Merupakan suatu anugerah pula di penghujung tahun 2023, Alhamdulillah Pohuwato berhasil meraih penghargaan nasional Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Madya tahun 2023 dari Kementerian PPPA.

Parahita Ekapraya merupakan penganugerahan yang diberikan kepada kementrian/lembaga dan Pemda Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten maupun Kota dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan yang telah dilakukan sejak tahun 2004.

“Prestasi ini kita persembahkan kepada daerah Pohuwato tercinta diakhir tahun 2023, guna menambah semangat kerja dan sinergitas seluruh unsur pemerintah guna menyongsong Pohuwato yang Sehat Maju dan Sejahtera yang diharapkan pula dapat mempercepat penurunan angka kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat”, ujarnya.

“Untuk itu, izinkanlah saya sekali lagi mengucapkan terimakasih kepada semua perempuan yang hadir disini. Terimakasih atas dedikasi, perjuangan, dan kontribusi luar biasa yang telah diberikan. Mari bersama-sama terus bergerak maju, karena dengan perempuan yang berdaya, Indonesia khususnya Pohuwato pasti akan terus berkembang dan bersinar di panggung dunia. Terimakasih, selamat Hari Ibu ke-95 dan semoga cinta kasih ibu selalu menyertai kita semua”, ujarnya menambahkan.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan Seminar Cegah dan Atasi Stunting untuk Indonesia Emas 2045 dan menjadi narasumber Plt Kepala DP3AP2KB Kabupaten Pohuwato Hi. Arman Mohamad, S.Pdi., M.Si dan Milkawati Manoppo, SKM.

Iwan/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *