Persiapan Pemilu, KPU Provinsi Gorontalo Gelar Bimtek Di Pohuwato

Persiapan Pemilu, KPU Provinsi Gorontalo Gelar Bimtek Di Pohuwato

9 views
0

Vanda Waraga

GORONTALO POHUWATO, deteksinews.id – – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo memberikan dorongan besar dalam persiapan Pemilu 2024 dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di aula KPU Pohuwato. Sabtu, (16/12/2023).

Kali ini, fokus bimtek difokuskan pada Pemungutan, Penghitungan, dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara, serta penggunaan Aplikasi Sirekap Pemilihan Umum Tahun 2024.

Acara ini menandai kolaborasi erat antara KPU Provinsi Gorontalo dan KPU Pohuwato, menciptakan platform untuk pertukaran pengetahuan dan keterampilan. Kepada Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Pohuwato menjadi peserta aktif dalam memahami tata cara yang terkait dengan tahapan krusial dalam Pemilu.

Saat di Wawancarai Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan menyapaikan, kegiatan hari ini yang di laksanakan oleh KPU Provinsi untuk pesertanya adalah PPK Se-Kabupaten pohuwato, dalam rangka untuk bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara, serta bagaimana merekapitulasi hasil penghitungan surat suara, dan sekaligus sosialisasi terkait dengan Aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi.

“KPU Provinsi menyampaikan hal-hal yang terbaru atau kemudian yang berubah, dari pemilu tahun 2019 di pemilu tahun 2024 nanti, perubahan di sini berkenaan dengan menyingkat waktu saat pelaksanaan perhitungan suara di TPS, perubahan-perubahan juga termasuk cara pengunaan aplikasi (Sirekap) Sistem Informasi Rekapitulasi, hal itu yang di paparkan dan sekaligus di simulasikan oleh KPU Provinsi pada kegiatan hari ini”, Jelas Firman.

Salah satu sorotan dalam bimtek ini adalah pengenalan dan pemahaman mendalam terhadap penggunaan Aplikasi Sirekap. Teknologi ini, yang dipersembahkan oleh KPU Provinsi Gorontalo, diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan akurasi dalam proses Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di tingkat kecamatan.

Bimtek ini tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan teknologi baru, tetapi juga untuk meningkatkan keterampilan praktis Anggota PPK dalam melakukan Pemungutan, Penghitungan, dan Rekapitulasi. Dengan pemahaman yang matang terhadap setiap tahap, diharapkan proses Pemilu 2024 dapat dilaksanakan secara lebih akurat dan efisien.

Peserta bimtek, yakni Anggota PPK se-Kabupaten Pohuwato, menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti pelatihan ini. Partisipasi aktif mereka mencerminkan keinginan untuk memahami dan melaksanakan tugas mereka dengan sebaik-baiknya demi kelancaran Pemilu 2024.

Chris/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *