Bupati Pohuwato Apresiasi Inovasi SMPN Satap Patilanggio

Bupati Pohuwato Apresiasi Inovasi SMPN Satap Patilanggio

11 views
0

GORONTALO POHUWATO,deteksinews.id – Apresiasi yang besar diberikan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga kepada jajaran SMP Negeri 3 Satu Atap (Satap) atas kreativitas dari anak didik yang telah menyajikan hasil karyanya.

Bentuk kreativitas yang dimaksud adalah pembuatan upiya karanji (Peci atau songkok) serta keranjang buah yang ditampilkan pada kegiatan gelar karya projek penguatan profil pelajar pancasila program sekolah penggerak angkatan 3 yang berlangsung di halaman SMP Negeri 3 Satap, Senin, (18/12/2023).

Selain kerajinan tangan, SMP yang terletak di Desa Balayo, Kecamatan Patilanggio itu menyambut Bupati Saipul Mbuinga dengan prosesi adat Gorontalo. Dengan didampingi pemangku adat, anak-anak SMP Negeri 3 Satap itu menjalankan prosesi adat dari pintu masuk hingga ke tempat duduk di mana kegiatan itu digelar.

Atas nama pemerintah daerah, Bupati Saipul sangat mengapresiasi dua kegiatan yang dilaksanakan saat ini yakni kreativitas anak dan prosesi adat.

Terkait kreativitas anak-anak, ini sangat bagus dalam hal mengembangkan ekonomi kerakyatan.

“Saya sangat mendukung agar anak didik kita kedepan paling tidak sudah ada keterampilan khusus untuk mereka kembangkan setelah lulus nanti”,ungkapnya.

Kemudian untuk prosesi adat, Saipul juga mengaku bersukur dan memberikan apresiasi karena telah mengembangkan prosesi adat untuk anak-anak kedepannya. Karena dengan memprogramkan adat sejak dini maka kita telah menyiapkan generasi muda agar prosesi adat ini jangan sampai punah.

“Ia, pada umumnya para pelaku prosesi adat ini perlu kita berikan pembelajaran khusus agar prosesi adat istiadat tidak akan hilang di daerah adat Gorontalo”,jelas bupati.

Terkait dengan kreativitas anak-anak, Bupati Saipul menjelaskan tidak cukup hanya memberikan keterampilan kepada mereka lantas kita tidak dukung dengan anggaran. Untuk itu bupati memberikan modal Rp. 2,5 juta untuk pengembangan kreativitas mereka.

“Apa yang dilakukan ini sangat baik dan perlu dilatih terus agar hasilnya bisa bersaing di pasaran. Karena peluang pasar sangat terbuka, maka diperlukan kualitas yang baik. Sekali lagi saya sangat bangga dan memberikan dukungan penuh terhadap langkah Kepsek bersama seluruh jajarannya, dan apa yang menjadi harapan kami itu dapat terjawab oleh jajaran SMP 3 Satap”,pungkas Bupati Saipul.

Iwan/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *