Bupati Saipul Mbuinga Tinjau Lokasi Bendungan Irigasi Taluduyunu

Bupati Saipul Mbuinga Tinjau Lokasi Bendungan Irigasi Taluduyunu

61 views
0

Vanda Waraga

GORONTALO POHUWATO – Kabar baik untuk para petani diwilayah kecamatan Buntulia dan Duhiadaa jelang musim tanam.

Didampingi Camat Buntulia Syaiful Bahri Hunta, Camat Duhiada’a Ali Mbuinga, Camat Taluditi Isa Ali, Ketua P3A Umar Etango, serta perwakilan kelompok petani Buntulia dan Duhiada’a, Bupati Pohuwato Saipul A Mbuinga meninjau lokasi irigasi Taluduyunu, guna persiapan musim tanam tahun 2023, Minggu (03/12/2023).

Setelah melakukan peninjauan, Bupati Saipul Mbuinga memfasilitasi sistem buka tutup air pada saluran irigasi yang sebelumnya menggunakan tenaga manusia secara manual.

Saat ini sudah menggunakan tenaga mesin untuk mendukung sistem buka tutup air pada bendung dan irigasi Taluduyunu.

“Dan Alhamdulillah langsung di respon oleh beliau pak Bupati dengan mengundang mekanik untuk segera mengerjakan sistem permesinan tersebut”, kata Camat Buntulia Syaiful Bahri Hunta, saat dihubungi.

Dikatakannya, kehadiran Bupati Saipul Mbuinga selain memfasilitasi sistem buka tutup air saluran irigasi bendungan Taluduyunu, tambah Syaiful Bahri Hunta, juga menelusuri pengairan saluran air yang menuju sawah ke Desa Bulili Kecamatan Duhiada’a yang ternyata sudah menumpuk sedimen.

“Sehingga saya diperintahkan Bupati langsung memfasilitasi alat untuk melakukan pengerukan sedimen saluran sekunder yang mengairi persawahan daerah bulili dan paseda yang pekerjaannya akan dimulai minggu depan”, katanya.

Chris/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *