Pemkab Pohuwato Dorong ‘Gerakan Pangan Murah  Di  13 Kecamatan 

Pemkab Pohuwato Dorong ‘Gerakan Pangan Murah  Di  13 Kecamatan 

19 views
0

Vanda Waraga

POHUWATO, deteksinews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato melalui Dinas Pangan, kembali menggelar Gerakan Pangan Murah, pada Senin pagi (16/10/2023).

Terpantau awak media, bila kegiatan ini  dipadati ratusan warga dari berbagai wilayah Kabupaten Pohuwato.

Gerakan Pangan Murah yang dilangsungkan di Wisata Pantai Pohon Cinta itu, dibuka  resmi oleh Penjabat Gubernur Ismail Pakaya secara virtual.

Turut hadir Wakil Bupati  Suharsi Igirisa, Kadis Pangan Muzna Giasi, Kasie Intel Kajari Pohuwato Iwan Sofyan, Pimpinan OPD, Sekretaris dan Kepala-kepala Bidang di lingkup Dinas Pangan Kabupaten Pohuwato.

Wabup Pohuwato Suharsi Igirisa  mengatakan, gerakan pangan murah ini dalam rangka pengendalian inflasi dan stabilitasi pasokan/harga pangan daerah

Kegiatan ini kata Wabup, di sponsori dan dilaksanakan oleh Dinas Pangan Kabupaten Pohuwato.

“Kegiatan seperti ini bagus apalagi menyentuh masyarakat langsung, ini kan memastikan pasokan dan keterjangkauan harga”, terang  Wabup

Ia pun berharap, kepada Dinas Pangan bisa melakukan gerakan pangan murah ini secara bergantian. Bila perlu, kata dia, ini bisa di gelar di 13 kecamatan di Kabupaten Pohuwato.

“Ini kan dalam rangka Hari Pangan Sedunia, makanya kita bersyukur dengan adanya peringatan ini. Apalagi dengan adanya musim kemarau sebulan lebih ini, Alhamdulillah masyarakat bisa terbantu. Saya berharap ke depan ini bisa dilakukan nanti di 13 kecamatan, tujuannya tentu untuk membantu meringankan beban hidup masyarakat ditengah mahalnya bahan-bahan kebutuhan pokok”, harap Wabup Suharsi.

Kadis Pangan Kabupaten Pohuwato Muzna Giasi mengatakan, selain untuk stabilitas pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi daerah, gerakan pangan murah ini juga dilaksanakan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia ke-43 Tahun 2023.

Mantan Camat Marisa ini mengungkapkan, dalam gerakan pangan murah ini disediakan barang kebutuhan pokok.

“Ada sebelas jenis barang kebutuhan pokok subsidi yang dapat dibeli oleh warga pada pelaksanaan Pangan Murah ini”, ujar Muzna Giasi.

Muzna Giasi pun mengurai 11 jenis barang kebutuhan pokok subsidi yang dimaksud. Yakni:

1. Beras SPHP dengan harga Rp.51.000/kg

2. Minyak goreng dengan harga Rp.13.500/kg

3. Gula pasir, harga Rp.14.500/kg

4. Tepung terigu harga Rp. 11.500/kg

5. Bawang merah Rp. 25.000/kg

6. Bawang putih dengan harga Rp. 35.000/kg

7. Cabe rawit Rp. 75.000/kg

8. Tomat Rp. 7.000/kg

9. Kemiri Rp. 45.000/kg

10. Jahe Rp. 25.000/kg

11. Telur Rp.

Sementara barang non-subsidi, lanjut Muzna, disediakan oleh sejumlah pihak pengusaha dan retail, yaitu: Indomaret, PT. Awet, dan UMKM Kreatif Olineyaa Craft.

Muzna Giasi menyebutkan, pihaknya akan melakukan Gerakan Pangan Murah di 13 lokasi yang tersebar di Kabupaten Pohuwato.

“Dan Pangan Murah yang digelar di Pantai Pohon Cinta ini merupakan Gerakan Pangan Murah serentak secara nasional”, pungkasnya

Momen Pangan Murah di Wisata Pantai Pohon Cinta itu, Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa dan Muzna Giasi ikut memantau langsung para warga yang mengantri untuk membeli barang kebutuhan pokok subsidi hingga ludes terjual, dibantu sejumlah Aparatur Sipil Negara di Dinas Pangan Pohuwato.

Chris/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *