Gratis, Pemkab Pohuwato Salurkan 103,40 Ton Benih Jagung

Gratis, Pemkab Pohuwato Salurkan 103,40 Ton Benih Jagung

32 views
0

Vanda Waraga

POHUWATO, deteksinews.id – Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Pohuwato melalui Dinas Pertanian Pohuwato menyalurkan 103,47 ton bantuan benih jagung secara gratis.

Bantuan benih jagung hibrida varietas HJ 21 tersebut secara simbolis dilepas Bupati Saipul A. Mbuinga.

Bupati didampingi Kepala Dinas Pertanian Kamri Alwi, Kepala Bidang Tanaman Pangan, Irina dan Kasie Tanaman Pangan Hendrik Wakiden di halaman dinas pertanian, Selasa, (26/9/2023).

Bupati  menyampaikan rasa bangga dan senang, meskipun saat ini masih musim kemarau, tetapi program penyaluran bibit jagung 103,47 ton sudah bisa dilaksanakan.

Menurut bupati, berdasarkan perkiraan BMKG bahwa di bulan Desember nanti sudah memasuki musim penghujan,

Sehingga diharapkan bibit jagung yang akan diserahkan ini nantinya bisa ditanam dan dirawat dengan baik oleh petani.

Dalam penyaluran ini kata Bupati , diharapkan masyarakat dapat menerima varietas jagung jenis jagug HJ 21 yang sudah pernah diuji cobakan dan berhasil pada penyaluran-penyaluran kemarin.

“Tentunya saya merasa bangga dan bahagia,  petani sudah mendapatkan bantuan,  untuk membantu perekonomian rumah tangga, karena kita sadar sudah  2 hingga 3 bulan berada pada musim kemarau”,jelas Saipul.

Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga tak lupa menyampaikan banyak terima kasih kepada Kementerian Pertanian, Pj Gubernur Gorontalo, kadis dan jajaran dinas pertanian yang telah memfolow up bantuan ini.

“Saya harap bibit ini sesegera mungkin bisa diterima petani di lapangan.” Ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Pohuwato, Kamri Alwi menjelaskan, untuk penyaluran bantuan bibit jagung sendiri dilakukan secara bertahap.

Dimana pada tahap ini sejumlah 103,47 ton bantuan benih jagung tersebut akan disaluran di 3 kecamatan yakni Popayato, Popayato Barat dan Lemito dengan total penerima manfaat sebanyak 117 Kelompok.

Selanjutnya bantuan yang sama akan bergeser ke kecamatan lain yang saat ini sementara diverifikasi oleh Kementerian.

“Kami harap agar petani tidak ada lagi praktek jual beli benih di tingkat petani atau kelompok tani. Artinya, bantuan yang diberikan benar-benar dimanfaatkan dengan baik”,harap Kamri.

Untuk diketahui, adapun bantuan benih jagung tahun 2023 sebesar 103.807 Kg dengan volume 6.920 Hektare kepada 513 kelompok terdiri jagung varietas NK 212 Asia 92, dan HJ 21 dengan sumber dana DID, APBN Pusat, APBN Satker Provinsi dan APBN Satker Pusat.

Pada kegiatan itu, dilakukan pula penyerahan Kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk petani yang secara simbolis diserahkan Bupati Saipul Mbuinga didampingi Kepala BPJS Cabang Pohuwato, Stefen Liu dan Kadis Pertanian, Kamri Alwi.

Iwan/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *