12 Milyar Nilai Bangunan Kantor Bupati Yang Dibakar Massa Unras

12 Milyar Nilai Bangunan Kantor Bupati Yang Dibakar Massa Unras

157 views
0

Vanda Waraga

POHUWATO, deteksinews.id  –  Nilai  bangunan kantor Bupati Pohuwato, yang  rusak serta dibakar massa aksi unjuk rasa (Unras)  Kamis (21/9/23) tersebut,  dianggarkan sebesar 12 miliar.

Mirisnya, kantor Bupati yang dibangun tahun anggaran (TA)  2004, dan ludes terbakar saat Unras,  akibat  kurangnya penjagaan aparat satpol dan  kepolisian saat itu.

Sehingga masa aksi berhasil menduduki dan menghancurkan kantor Bupati Pohuwato dengan leluasa.

Selain itu,  dikarenakan mobil damkar terhalang oleh masa aksi, saat kobaran api mulai membesar.

Parahnya, ketika mobil damkar memasuki pintu gerbang kantor Bupati, masa aksi langsung melemparkan batu serta mengancam membakar mobil.

Sekda Iskandar Datau menjelaskan, ada beberapa fasilitas yang di rusak oleh masa aksi, seperti kantor DPRD Pohuwato, Rumah Dinas Bupati Pohuwato, bahkan Kantor Bupati Pohuwato ludes terbakar.

“Sebagai gambaran rusak total kantor Bupati, saat dibangun tahun 2004 itu dengan anggaran 12 miliar,”ungkap Sekda Iskandar, Jum’at (22/09/2023).

Sekda Iskandar menambahkan,  fasilitas daerah yang rusak belum bisa di hitung, karena banyak yang rusak termasuk rumah dinas Bupati Pohuwato.

“Mungkin kita estimasi dibandingkan dengan tahun sekarang dengan inflasi 20 tahun yang lalu,  kita belum bisa hitung ,”jelas Iskandar

Iskandar membeberkan, walaupun gedung kantor Bupati terbakar pelayanan berjalan sebagaimana mestinya, untuk sementara pelayanan akan di pindahkan di kantor Bupati Pohuwato sebelumnya.

“Ada 150 pegawai ASN di sekretariat Daerah akan dipindahkan di kantor bersama, pelayan tetap maksimalkan demi masyarakat Pohuwato,”tandas Iskandar.

MM/0D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *