Dalam Kapasitas Forwakada, Wakil Bupati Suharsi Igirisa Bahas Isu Pemilu  di Bali, 

Dalam Kapasitas Forwakada, Wakil Bupati Suharsi Igirisa Bahas Isu Pemilu  di Bali, 

69 views
0

Vanda Waraga

BALI, deteksinews.id – Dalam rangka strategi penguatan kapasitas Wakil Kepala Daerah (Forwakada) gelar silaturahmi dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pemilu serentak, yang berlangsung di Hotel Kutabex Beach Front Hotel Bali, 29 Agustus-1 September 2023.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Wakil Bupati dan Wakil Walikota se-Indonesia satu diantaranya Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa. Dalam kegiatan tersebut Forwakada menghadirkan Tokoh motivator dan juga sebagai penulis buku Agung Fatwa.

Wakil Bupati Suharsi Igirisa mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini sangat bermanfaat, disamping sebagai salah satu motivasi dan penguatan bagi Wakil Kepala Daerah dalam menjalankan tugasnya, terutama dalam menghadapi pemilu serentak juga merupakan wadah silaturahmi bagi Wakil Kepala Daerah.

“Hal ini juga merupakan motivasi bagi kita sebagai Wakil Kepala Daerah dalam menjalankan tugas bersama Bupati guna menggerakkan ataupun menggugah individu supaya muncul kemauan serta keinginannya agar dapat melaksanakan suatu hal sampai bisa mendapatkan hasil serta dapat mewujudkan visi dan misi sebagaimana yang telah dirumuskan bersama”, kata Wabup Suharsi Igirisa.

Agung Fatwa saat memberikan materi Attitude dan Meaning, menjelaskan antara attitude dan meaning ini bagaikan 2 pilar fundamental yang saling terkait antara satu dengan yang lain.

“Jika meaning (Pemaknaan) seseorang terhadap pekerjaannya begitu tinggi dengan nilai-nilai spritualitas yang diyakininya, maka attitude (Sikap) yang ditunjukkan pun akan terlihat positif, sebaliknya jika meaning (Pemaknaan) seseorang terhadap tugas dan tanggung jawabnya rendah, maka sikapnya pun akan terlihat negatif dan cendrung tidak bisa beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi”, ungkapnya.

Termasuk, katanya, dalam hal kepemimpinan khususnya untuk persiapan pemilu serentak, semuanya serba dirasa kurang dan lebih banyak mengeluh yang ujung-ujungnya mereka akan kehilangan gairah dalam menjalankan tugas tanggung jawabnya sebagai wakil kepala daerah karena kehilangan makna.

Apa yang bisa diharapkan dari

wakil kepala daerah yang kehilangan makna dalam menjalani tugasnya ?

“Oleh karenanya materi ‘Attitude dan Meaning’ ini memotivasi dan menggugah peserta yang terdiri

dari wakil kepala daerah menjadi lebih semangat dalam melakukan perubahan diri serta menyadari pentingnya attitude (Sikap) dan meaning (Pemaknaan) yang tinggi dan positif dalam bekerja berlandaskan nilai-nilai spiritualitas sehingga mereka mampu menunjukkan unjuk kerja yang lebih produktif dalam situasi dan kondisi apapun dengan suasana hati yang bahagia”, terang Agung Fatwa.

Ketua Forum Wakil Kepala Daerah (Forwakada) Indonesia, H. Robby Nahliyansyah, S.H, yang juga sebagai Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan sebagai penguatan bagi Kepala Daerah dalam menjalankan tugasnya terutama pengembangan manajemen pemerintahan dan untuk efektifnya Forwakada secara organisasi terutama menghadapi situasi politik pemilu serentak.

“Banyak hal nanti yang akan kita lakukan dalam posisi sebagai Wakil Kepala Daerah terutama dalam memberikan kontribusi aktif terhadap upaya penyelenggaraan roda pemerintahan yang mengacu pada konstitusi”, jelas Robby usai kegiatan.

Chris/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *