Pelatihan Dasar Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Se-Provinsi Gorontalo, Di buka Sekda Pohuwato

Pelatihan Dasar Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Se-Provinsi Gorontalo, Di buka Sekda Pohuwato

57 views
0

Vanda Waraga

POHUWATO, deteksinews.id  – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pohuwato Iskandar Datau, membuka secara resmi In House Training Pelatihan Dasar Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan se-Provinsi Gorontalo.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula Diklat BKPSDM Pohuwato, Desa Karya Indah, Kecamatan Buntulia, Senin (21/08/2023).

Kegiatan diikuti 79 peserta dari Kabupaten/Kota ini dilaksanakan selama enam hari dari tanggal 21 s/d 26 dengan instruktur dan narasumber dari Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Bitung.

Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur pemadam kebakaran di daerah dan pembinaan aparatur pemadam kebakaran dalam pelaksanaan tugasnya secara tepat guna, tepat sasaran dan tepat tindakan di lapangan.

“Penyelanggaraan Diklat pemadam kebakaran ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan pada petugas pemadam penyelematan khususnya dalam pencegahan dan pemadaman kebakaran serta penyelamatan”, ujar Sekda Iskandar Datau.

Oleh karena itu, menurutnya, sangat tepat bila ilmu pengetahuan dan strategi kebakaran dikembangkan melalui Diklat ini, karena ini menyangkut keselamatan nyawa dan harta benda masyarakat luas.

Sehingga itu, katanya, melalui momentum penyelenggaraan diklat pemadam kebakaran diharapkan menjadi salah satu solusi untuk menjawab tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan.

“Petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan dituntut mampu bekerja cepat dan tepat agar dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa maupun kerugian harta benda”, katanya.

Panglima ASN Pohuwato ini juga menyampaikan apresiasi kepada Dinas Satpol-PP Pohuwato atas inisiasinya dalam kegiatan diklat yang melibatkan petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan hingga melibatkan Damkar dari Kabupaten/Kota lainnya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Pohuwato, saya mengucapkan selamat mengikuti pelatihan dasar pemadam kebakaran, saya berharap saudara-saudara bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik, karena kami ingin setiap anggota pemadam kebakaran dapat memiliki kinerja yang meningkat dibandingkan sebelumnya, serta sebagai salah satu persyaratan bagi anggota untuk berkompetisi menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak yang Insya Allah akan dilaksanakan pada bulan September 2023 mendatang”, jelas Sekda Iskandar Datau.

Turut hadir pada pembukaan kegiatan tersebut Plh Kasatpol PP Gorontalo Rivay Bumulo, Kabid Linmas dan Damkar Agus Maliki, Kasatpol PP Pohuwato Nikson Pakaya, Kepala BKPSDM Pohuwato Supratman Nento, serta perwakilan Kasatpol PP Kabupaten/Kota.

Chris/D002

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *