Gladi Bersih HUT Proklamasi RI, Bupati Dan Wakil Bupati Hadir

Gladi Bersih HUT Proklamasi RI, Bupati Dan Wakil Bupati Hadir

11 views
0

Vanda Waraga

POHUWATO, deteksinews.id – Gladi bersih dalam rangka upacara HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Pohuwato dihadiri Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga dan Wakil Bupati Suharsih Igirisa.

Gladi ini digelar di halaman Mapolres Pohuwato, Selasa, (15/8/2023). dan  Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga bertindak selaku inspektur upacara.

Sebelumnya diawali dengan penyerahan bendera oleh pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) kepada bupati yang diwakili Staf Ahli, Zulkifli Umar.

Upacara gladi dimulai, paskibraka menuju lapangan proklamasi untuk melaksanakan tugas membentang bendera yang diawali dengan penyerahan bendera latihan oleh Bupati Saipul Mbuinga kepada petugas pengibar bendera. Pengibaran bendera pun berlangsung hikmat sebagaimana harapan bersama.

Pantauan di lapangan, proses gladi bersih seperti halnya upacara yang akan dilaksanakan pada upacara 17 Agustus, hanya saja bendera yang dibentangkan adalah bendera latihan. Pada gladi bersih itu dihadiri Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, Kapolres Pohuwato, Dandim 1313 Pohuwato, Kakan Kemenag Pohuwato, Ketua TP. PKK Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa, staf ahli bupati, pimpinan OPD serta peserta upacara dari TNI/Polri, ASN, dan siswa.

Usai upacara penaikan bendera, bupati dan para undangan istirahat sejenak dan kemudian dilanjutkan dengan upacara penurunan bendera. Pada upacara penurunan bendera bertindak selaku inspektur upacara Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa dan dihadiri pula bupati pohuwato beserta undangan lainnya. Seperti halnya penaikan bendera, upacara penurunan pun berjalan aman dan lancar.

Bupati Saipul Mbuinga mengatakan bahwa gladi bersih ini merupakan persiapan menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Pohuwato yang akan dilaksanakan pada Kamis, 17 Agustus 2023, sehingga untuk tertib dan suksesnya upacara pada hari H nanti, maka perlu dilaksanakan gladi untuk mempermantap latihan yang dilaksanakan selama kurang lebih sebulan.

“Ia, pelaksanaannya sama seperti pada hari H, kami selaku pemerintah daerah berharap semoga pada Kamis, 17 Agustus nanti semuanya berjalan sukses tanpa ada kendala yang berarti”,harapnya.

Bupati Saipul juga mengingatkan kepada paskibraka untuk dapat melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggungjawab serta fokus pada apa yang telah dilakukan. Ingat, pada 17 Agustus nanti semua mata tertuju dan memandang apa yang saudara lakukan, bukan saja para pejabat melainkan masyarakat Pohuwato pada umumnya, untuk itu diharapkan upacara ini bisa sukses terlaksana”,harap Bupati Saipul.

Sementara itu, Wakil Bupati Suharsi Igirisa menyambut baik pelaksanaan upacara gladi bersih yang telah berjalan sesuai yang diharapkan.

Iwan/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *