Dari Pelatihan Manajemen Dan Penanganan Kasus, Ini Harapan Sekda Pohuwato

Dari Pelatihan Manajemen Dan Penanganan Kasus, Ini Harapan Sekda Pohuwato

28 views
0

Vanda Waraga

POHUWATO, deteksinews.id –  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pohuwato Iskandar Datau menegaskan, kekerasan terhadap perempuan dan anak telah memberikan dampak negatif dan luas tidak hanya terhadap korban, tetapi juga berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak dalam kehidupan satu keluarga.

Demikian disampaikan  Iskandar Datau ketika membuka pelatihan manajemen dan penanganan kasus di Horel Sunrise, Marisa, Selasa, (15/8/2023).

Lanjut sekda, kekerasan yang dihadapi perempuan dan anak bukan hanya berupa kekerasan fisik, melainkan juga kekerasan psikis, kekerasan seksual, dan penelantaran.

Pelaku kekerasan juga bukan hanya orang luar ataupun orang tidak dikenal, namun juga berasal dari lingkungan terdekat kita.

“Banyak faktor yang menyebabkan masih banyak perempuan dan anak mengalami permasalahan, antara lain karena faktor salah persepsi yang menganggap wajar apabila kekerasan dilakukan terhadap perempuan dan anak sebagai salah satu cara mendidik mereka. Disebabkan pula oleh faktor budaya, karena kemiskinan, dan faktor lain yang tidak memberikan perlindungan dan perlakuan khusus terhadap perempuan dan anak, sehingga menimbulkan kekerasan, eksploitasi diskriminasi dan perampasan hak-hak perdata perempuan dan anak”,ungkap Iskandar.

Menurutnya,  perempuan dan anak berhak memperoleh kemudahan dan perlakuan khusus untuk mendapatkan layanan yang dibutuhkan tersebut.

Negara terutama pemerintah bertanggungjawab untuk menghormati, melindungi, membela dan menjamin hak asasi manusia setiap warga negara dan penduduknya termasuk perempuan dan anak tanpa diskriminasi.

Pemerintah dalam hal ini wajib untuk memberikan layanan pengaduan, rujukan, pendampingan dan bantuan hukum.

“Dalam penanganannya, tidak hanya oleh pemerintah pusat, namun juga pemerintah daerah  melalui unit pelaksana teknis daerah perlindungan perempuan dan anak (UPTD PPA) yang dapat memberikan layanan.”, Jelas sekda.

Iwan/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *