POLDA GORONTALO GELAR PASUKAN OPERASI KESELAMATAN OTANAHA 2023

POLDA GORONTALO GELAR PASUKAN OPERASI KESELAMATAN OTANAHA 2023

23 views
0

GORONTALO, deteksinews.id. -Irwasda Polda Gorontalo Kombes Pol. Hery Purnomo memimpin apel gelar pasukan dalam rangka “Operasi Keselamatan Otanaha 2023” dengan tema “Keselamatan Berlalulintas Yang Pertama dan Utama”. Selasa, (07/02/2023).

Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika, S.H., S.I.K, M.Si dalam amanatnya yang dibacakan Irwasda menyampaikan pelaksanaan Operasi Keselamatan Otanaha 2023 bertujuan untuk menciptakan menciptakan Kamsetibcarlantas jelang ibadah Puasa dan hari raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023, serta rangkaian pengamanan pelaksanaan pemilu tahun 2024 yang tahapannya dimulai pada bulan oktober 2023.

Pada Tahun 2021 kata Herry, terjadi 407 kasus Laka Lantas sedangkan pada tahun 2022 meningkat menjadi 506 kasus, atau meningkat 24%. Dan untuk angka pelanggaran yang terjadi 2021 tercatat ada 13.207 namun pada tahun 2022 meningkat menjadi 14.288 atau naik sebanayak 8%.

“Jika tidak segera kita antisipasi sedini mungkin, maka hal tersebut akan memberikan dampak gangguan terhadap stabilitas Kamseltibcarlantas khususnya pada pelaksanaan bulan Ramadhan dan pelaksanaan tahapan Pilkada 2024, ” terang Herry

Hery juga mengatakan operasi keselamatan ini merupakan bagian dari bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat dengan mengedepankan fungsi lalu lintas yang di dukung fungsi oprasional kepolisian lainnya yang dilaksanakan dalam bentuk Preemtif dan Preventif.

Operasi ini juga dijelaskannya, memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat terhadap pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas serta penerapan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19,

“Yang pada akhirnya bisa memberikan dampak terhadap meningkatkan simpatik masyrakat terhadap Polri, terlebih khusus Polisi Lalu Lintas” Ucap Irwasda

Dikesempatan yang sama Dir Lantas Polda Gorontalo, Kombes Pol. Arief Budiman, S.H., S.I.K, menambahkan tujuan diselenggarakannya Operasi ini guna untuk meningkatkan disiplin dan tertib berlalu lintas.

“tujuan Operasi ini tak lain untuk meningkatkan disiplin, tertib berlalulintas sekaligus untuk menekan angka fatalitas korban kecelakaan dan juga pelanggran- pelanggaran lalu lintas yang dilakuan oleh masyarakat,” ucap Arief

Arief menambahkan operasi ini mengutamakan tindakan dalam bentuk Preemtif dan Preventif dengan memberikan sosialisasi dan pendidikan kepada masyarakat tentang tertib berlalulintas , tetapi jika ditemukan pelanggran-pelanggran tentunya akan dilakuan penindakan sesusai prosedur yang berlaku.

“Penindakan yang akan kita lakukan terbagi menjadi dua yakni menggunakan kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) dan untuk pelanggaran kasat mata yang tertangkap tangan oleh personil dilapangan akan dilakukan penindakan, baik itu teguran, peringatan atau bisa juga dilakukan penilangan,” Jelas Arif

Adapun waktu penggelaran Operasi ini dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 7 sampai 20 Februari 2023 yang melibatkan 287 personel dari Polda dan Polres jajaran dengan sasaran yakni, Knalpot Racing, Tidak menggunakan safety belt, ODOL (Overdimension, Overloading), melawan arus, tidak menggunakan helm SNI, TNKB tidak sesuai ketentuan, pengemudi dalam pengaruh alkohol, berboncengan lebih dari 1 orang, mengemudi dibawah umur, dan menggunakan HP saat berkendara.

Apel gelar pasukan turut juga dihadiri Danrem 133/NWB Brigjen TNI Totok Sulistyono, SH, MM, M.IP, unsur Forkopimda Provinsi Gorontalo, Kepala Jasa Raharja Provinsi Gorontalo, Danlanal Gorontalo, beberapa PJU Polda Gorontalo, serta peserta apel gelar pasukan.

Humas/Vanda Waraga/ PJS/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *