Aspirasi El Nino Untuk Pendidikan, Disalurkan

Aspirasi El Nino Untuk Pendidikan, Disalurkan

20 views
0

Vanda Waraga PJS

POHUWATO, deteksinews.id) – Aspirasi bidang pendidikan Anggota DPR RI Dapil Gorontalo Elnino M. Husein Mohi untuk masyarakat Pohuwato kembali disalurkan. Tahun 2022 ini.

Terdapat 5000 siswa yang menerima bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) yang secara simbolis diserahkan Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa, di halaman SMP Negeri 1 Marisa, Senin (26/12/2022).

“Saya sebagai pemerintah daerah tentunya sangat menyambut baik kehadiran Pak Elnino sebagai Anggota DPR RI dan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak yang telah peduli dengan pendidikan masyarakat di Kabupaten Pohuwato”, ungkap Wabup Suharsi mengawali sambutannya.

Menurut Bunda Atty sapaan akrab Suharsi Igirisa, Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan bantuan berupa uang tunai yang diberikan kepada peserta didik untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Beliau tadi sempat menyampaikan bahwa beliau mendapatkan 10 ribu untuk program Kartu Indonesia Pintar, kemudian Pohuwato melalui bapak Bupati meminta 5 ribu. Namun, karena untuk memenuhi kebutuhan di daerah lain karena permintaan Pohuwato demikian, sehingga beliau minta ketambahan dan alhamdulilah dapat 17 ribu untuk provinsi Gorontalo, dan Pohuwato mendapatkan porsi terbesar sebanyak 5 ribu”, jelas Wabup Suharsi.

Kartu Indonesia Pintar sendiri, menurut Wabup Suharsi, diberikan sebagai penanda atau identitas penerima bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP). Kartu tersebut memberi jaminan dan kepastian anak-anak usia sekolah terdaftar sebagai penerima bantuan pendidikan. Siswa pemilik KIP pada jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK menerima bantuan dana dari pemerintah yang dapat digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah, dan uang saku.

“Melalui program ini juga, baik pemerintah pusat dan daerah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya”, ujar Wakil Bupati Suharsi Igirisa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pohuwato melalui Selvis G Umar, menyampaikan penerima bantuan pendidikan berasal dari semua jenjang. Mulai SD, SMP, SMA, dan SMK.

“Bantuan ini se-Provinsi Gorontalo termasuk didalamnya Pohuwato dan ini murni adalah aspirasi dari Pak Elnino sebagai Anggota DPR RI”, ungkap Selvis.

Menurutnya, Program Indonesia Pintar ini ada dua jenis, yaitu PIP Reguler yang memang bantuannya langsung dari Kementerian Pendidikan dan PIP Aspirasi merupakan perjuangan aspirasi dari Anggota DPR RI.

Ia juga menambahkan, tahun 2022 ini Kabupaten Pohuwato menerima bantuan PIP aspirasi sebanyak 5000 siswa. Nilai bantuan sendiri bervariasi tergantung jenjang pendidikan. Terdiri dari jenjang SD 843 siswa, jenjang SMP 627 siswa, jenjang SMA/SMK 511 siswa, yang masing-masing menerima SD sebanyak Rp.450 ribu, SMP Rp.750 ribu dan SMA/SMK sebesar Rp.1 juta.

“Bantuan pendidikan melalui PIP ini baru tahap awal dan semuanya merupakan bantuan aspirasi dari Anggota DPR RI Pak Elnino Mohi”, ujarnya.

(Kris/PJS/D002)

Your email address will not be published. Required fields are marked *