FILM DOKUMENTER  PERTAJAM EDUKASI STUNTING DI DESA PANGGULO BONEBOL

FILM DOKUMENTER PERTAJAM EDUKASI STUNTING DI DESA PANGGULO BONEBOL

275 views
4

Pemerhati Jurnalis Siber

H. Lukman A. Daud, S.Pd, S.Sos, M.Adm.Pemb. “Anak adalah aset dan investasi pembangunan di masa depan yang harus dijaga, dipenuhi hak-hak nya untuk hidup sehat, tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk itu jagalah anak sejak dalam kandungan ibunya”

Gorontalo BONE BOLANGO, deteksinews.id – Ragam edukasi oleh setiap sektor kian mewarnai upaya pemerintah dalam melakukan pencegahan dan penanganan stunting secara terintegrasi. Pemerintah Desa Panggulo Kecamatan Botupingge Bonebol adalah desa yang patut untuk di contohi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Salah satu bukti edukasi adalah adalah pelaksanaan nonton bareng film pendek dokumenter pencegahan stunting yang di tayangkan malam hari di depan kediaman Kepala Desa dengan perangkat sederhana (LCD Projektor).

Hal ini diakui oleh Lukman Daud, Kepala Dinas Sosial P3APPKB, juga sebagai Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Bone Bolango, saat di undang untuk melakukan launching film pendek dokumenter pencegahan stunting, minggu (19/12).

Lukman menyampaikan, pihak nya yang memfasilitasi Desa Panggulo melalui Koordinator Penyuluh KB dalam pembuatan film dokumenter. Setiap sektor harus bergerak dalam melakukan edukasi, Pemerintah Desa, Penyuluh KB, Tim Pembina Keluarga, KPM, PKK, Kader Kesehatan, Babinsa, Babinkamtibmas harus bergerak bersama, harus melangkah bersama dengan tujuan yang satu yaitu untuk meningkatkan derajat kesehatan keluarga terlebih pada keluarga yang beresiko terjadinya stunting. Saya mengharapkan kerja sama, kiranya film pendek ini dapat diputar disetiap agenda yang digelar oleh pemerintah khusus nya pemerintah desa. Tandas Lukman.

Kepala Desa Panggulo Ahmad Laiya saat ditemui oleh awak media menyampaikan bahwa, pesan moral yang coba ingin disampaikan melalui film dokumenter tersebut adalah betapa penting upaya pencegahan yang dilakukan sejak masa remaja, berikan pendampingan, berikan edukasi yang baik menuju remaja sehat, sehingga ketika kelak mereka akan menikah maka secara jasmani dan rohani benar-benar telah siap membangun ikatan rumah tangga dan siap memiliki keturunan yang sehat dan tidak beresiko stunting. Tegas Kepala Desa.

Koordinator PLKB Kecamatan Botupingge turut memberikan pula pernyataan bahwa, pihak kami bersama Pemerintah Desa benar-benar menggarap film dokumenter ini secara mandiri, dimana figur yang dilbatkan sebagai aktor dan aktris utama adalah pemuda/pemudi Desa Panggulo. Alhamdulillah kami hanya membutuhkan waktu beberapa hari dalam menyelesaikan film pendek dokumenter cegah stunting, semoga saja dapat menginspirasi kita semua.

Pantauan awak media, kegiatan nonton bareng turut pola di hadiri oleh Camat Botupingge, tokoh masyarakat yang juga sebagai Anggota Legislatif DPRD Kabupaten Bone Bolango Azan Piola Isa Wakil Ketua 1 dan Zainudin Pedro Bau Wakil Ketua 2, Staf Puskesmas Botupingge, Kepala Desa Kecamatan Botupingge Perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo, Ketua DPC PERSAGI, Mahasiswa KKN Provesi UNG, serta sejumlah tokoh yang turut memeriahkan acara nonton bareng film dokumenter di depan kediaman Kepala Desa Panggulo.

Dalam sambutan mewakili tokoh masyarakat Azan Piola meyampaikan bahwa kita semua harus bersinergi, keluarkan potensi lakukan kolaborasi dengan baik. Karena masalah stunting tidak dapat diselesaikan sendiri. Butuh konvergensi dalam penangananya. Tegas Azan.

Keseruan acara nonton bareng lebih disemarakkan dengan acara pemotongan tumpeng serta pembagian door prize puluhan jam tangan yang diberikan oleh sponsor.
ND/PJS/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *