Kapolda Gorontalo Gandeng UNG Lakukan Survey IKM Terhadap Kinerja Polda dan Polres Jajaran

Kapolda Gorontalo Gandeng UNG Lakukan Survey IKM Terhadap Kinerja Polda dan Polres Jajaran

52 views
0

GORONTALO – (deteksinews.id) – Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Helmy Santika, S.H., S.I.K., M.Si, Kamis (20/10/22) Siang kemarin, memimpin rapat persiapan survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) bersama peneliti dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bertempat di Ruang Rapat Utama Polda Gorontalo.

Rapat tersebut, digelar sebagai langkah tindak lanjut arahan Presiden dan Kapolri untuk meraih kembali tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri, khususnya Polda Gorontalo.

Adapun pejabat yang hadir antara lain, Wakapolda, Irwasda dan seluruh Pejabat Utama Polda Gorontalo, sementara tim peneliti dari UNG antara lain, Dr. Funco Tanipu, ST., MA, Dr. Noval S. Talani, Salahudin Olii, ST., MT., Munirah Tuli, S.PI., M.Si, dan Ardi Wiranata Arsyad, SH., MH.

Dalam arahannya Kapolda Helmy Santika mengatakan,  dirinya butuh cermin untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polda dan Polres jajaran Gorontalo.

“Kita tentu tidak bisa menjeneralisir persepsi publik, karena persepsi publik secara nasional berbeda dengan di daerah. Respon publik terhadap Polri secara nasional berbeda dengan respon publik terhadap Polda yang ada di daerah,” ujar Funco.

Funco menjelaskan, dirinya telah merekam seluruh pembicaraan mention dari seluruh media yang ada di Provinsi Gorontalo tentang Polda Gorontalo sebagai data faktual berbasis media. Karena kepuasan masyarakat selama ini bisa diukur dari pemberitaan di media.

“Berdasarkan hasil total jumlah mention antara lembaga pemerintahan yang ada di Provinsi Gorontalo sejak 30 Juni sampai 16 Oktober 2022, kami rekam semua berita dari semua media online, Polda Gorontalo berada di Posisi keempat, setelah Pemprov Gorontalo, Pemkab Pohuwato, Pemkot Gorontalo kemudian Polda Gorontalo. Ketika kita mention terkait tokoh lembaga pemerintah, Kapolda Gorontalo ada pada urutan keempat setelah Gubernur, Wali Kota Gorontalo, Bupati Pohuwato,” jelasnya.

Selanjutnya Funco memaparkan tentang maksud dan tujuan dilaksanakankan survey IKM hingga metode yang akan digunakan dalam pelaksanaan survey mulai dari rancangan instrument, pendekatan yang digunakan, pengolahan data, sumber data, tehnik sampling hingga kerangka survey.

“Kami sudah membuat timeline survey, dan kami targetkan bulan November 2022 selesai,” tutupnya.##

Sumber : Release Humas Polda Gorontalo

Editor : Hans Pieter Mahieu (Bang TITO)

Your email address will not be published. Required fields are marked *