Bang Napi Lapas Gorontalo Diedukasi Pentingnya Kesehatan Fungsi Ginjal

Bang Napi Lapas Gorontalo Diedukasi Pentingnya Kesehatan Fungsi Ginjal

22 views
0

KOTA GORONTALOdeteksinews.id – Sedikitnya 450 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Gorontalo diedukasi melalui penyuluhan kesehatan tentang pentingnya kesehatan fungsi ginjal.

Dengan mengangkat tema “Hidup Sehat Dengan Menjaga Fungsi Ginjal,” kegiatan Penyuluhan Kesehatan dibuka oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Gorontalo, Indra S. Mokoagow yang diwakili oleh Kasi Binadik, Kasdin Lato.

“Dalam aktivitas komunitas di Lapas, warga binaan dituntut untuk menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sesuai filosofi “Mencegah lebih baik daripada mengobati,” olehnya diharapkan bahu-membahu menjaga kebersihan, dimulai dari diri sendiri, kebersihan kamar, maupun kebersihan lingkungan sekitar,” ujar Kasdin Lato.

Penyuluhan kesehatan kepada WBP tersebut atas Kerjasama Lapas Kelas IIA Gorontalo dengan Laboratorium Klinik Prodia Gorontalo, Sabtu (17/09), Siang tadi.

Selanjutnya, Branch Manager Laboratorium Klinik Prodia Gorontalo, Hariadi Cengi, turut menyampaikan materi penyuluhan kesehatan secara panel bersama dr. Meidy Fitriani Maaji selaku dokter penanggung jawab Laboratorium Klinik Prodia.

Secara bergantian kedua panelis tersebut mengupas secara tuntas tentang pola hidup sehat dengan menjaga fungsi ginjal sebagai salah satu organ vital dalam tubuh manusia.

Panelis mengungkapkan, kegiatan ini sangat strategis dan bermanfaat karena kegiatan ini seluruh Warga Binaan mendapatkan kesempatan yang sama di edukasi tentang bagaimana cara menerapkan perilaku hidup sehat, bersih dan teratur, menjaga pola makan dan pola hidup sehingga dapat menjaga fungsi ginjal dalam aktivitas sehari hari.

“Ginjal berfungsi sangat vital dalam menjaga kelangsungan hidup kita. Oleh karena itu, hindari makan makanan yang dapat berpengaruh pada fungsi  ginjal. Usahakan jaga daya tahan tubuh dan selalu melakukan pengecekan rutin terkait organ tubuh yang dapat berpengaruh terhadap kerusakan ginjal,” ungkap dr. Meidy.

Diakhir penyuluhan, warga binaan disuguhkan dengan quiz berhadiah seputar materi kesehatan yang telah dikupas oleh para pemateri

Alhasil, 5 orang WBP keluar sebagai pemenang quiz. Mereka mendapatkan voucher pemeriksaan kesehatan secara gratis dari Klinik Prodia.

“Pemeriksaan akan dilaksanakan di Klinik Pratama Lapas Gorontalo terkait fungsi ginjal. Pemeriksaan gratis ini akan dilakukan pada senin pekan mendatang,” tutup dr. Sri Yolanda Djafar Kepala Klinik Pratama Lapas Gorontalo menimpali.##

Sumber :Humas Lapas Gorontalo

Editor : Hans Pieter Mahieu (Bang TITO)

Your email address will not be published. Required fields are marked *