Dari Forum Penguatan Kelembagaan, Ini Penjelasan Ka Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Gorontalo

Dari Forum Penguatan Kelembagaan, Ini Penjelasan Ka Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Gorontalo

4 views
0

Gorontalo-(deteksinews.id)-Untuk menjaga marwah organisasi menuju Pemasyarakatan yang Maju, Kantor Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Gorontalo, menggelar Forum Penguatan Kelembagaan.

Forum tersebut diikuti seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Pejabat UPT se-Provinsi Gorontalo, serta Pejabat Administrator dan Pengawas Divisi Pemasyarakatan, di aula Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Gorontalo, Senin, (08/08).

Saat menyampaikan arahan, Kakanwil Kemenkumham Gorontalo, Heni Susila Wardoyo mengangkat poin penting terkait Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi), koordinasi lintas sektor dan komitmen terhadap integritas.

“Saya mengingatkan kembali kepada jajaran Kepala UPT Pemasyarakatan dan jajaran di tingkat Kanwil bahwa, secara substantif, kita harus sama-sama memahami bahwa pemasyarakatan memiliki peranan vital di Kementerian Hukum dan HAM. Oleh karena itu, kita harus memiliki komitmen dalam meningkatkan kinerja di lingkungan Kemenkumham Gorontalo,” ujar Heni dalam forum tersebut.

Heni S. Wardoyo menegaskan, dalam konteks sebuah institusi publik, tentunya upaya mitigasi resiko harus diperhatikan dengan seksama.

“Kepala UPT Pemasyarakatan tentunya sebagai ujung tombak harus mampu meminimalisir sekecil mungkin tingkat resiko atas sebuah keputusan dan aktivitas. Kedepankan integritas diri dan organisasi. Jadikan pengalaman -pengalaman yang berdampak resiko negatif yang terjadi di UPT pemasyarakatan lainnya beberapa waktu lalu yang menjadi pemberitaan dapat diantisipasi sedini mungkin,”pinta Heni tegas.

Kementrian Hukum dan HAM, tambah Heni, memiliki sarana monitoring dan sarana komunikasi yang cepat dari tingkat UPT hingga tingkat pusat.

“Tentunya secara kelembagaan di tingkat Kanwil, kami membuka pintu lebar-lebar dan membuka ruang komunikasi bagi para Kepala UPT untuk berkoordinasi secara intens. Jangan biarkan hal-hal kecil yang bersifat indisipliner terjadi. Tentunya hal-hal kecil tersebut harus mendapat perhatian sekaligus tindakan yang tegas dan cepat,” urainya.

Pada penghujung acara, Heni memberikan kesempatan diskusi atau tanya jawab yang langsung dimanfaatkan oleh para Kepala UPT maupun para Pejabat Administrator dan Pengawas yang hadir dalam rapat tersebut.

“Mari kita wujudkan pemasyarakatan di lingkungan Kemenkumham Gorontalo menjadi semakin pasti dan maju,” tukas Heni mengakhiri forum. ## D001

Your email address will not be published. Required fields are marked *