Pemdes Deme Dua Gelar Pelatihan Pemangku Adat. Yusuf Talib : Untuk Peningkatan Kapasitas

Pemdes Deme Dua Gelar Pelatihan Pemangku Adat. Yusuf Talib : Untuk Peningkatan Kapasitas

77 views
0

GORUT-(deteksinews.id)-Pemerintah Desa Deme Dua, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara, menggelar Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Pemangku Adat setempat.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Desa Deme Dua pada Senin (01/08) itu, diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan para pemangku adat di dalam setiap penyelenggaraan prosesi adat, baik dalam lingkaran pemerintahan maupun kemasyarakatan.

“Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para pemangku adat, terutama dalam pelaksanaan prosesi adat di pemerintahan maupun masyarakat,” ungkap Kepala Desa Deme Dua, Yusuf Talib, ketika diwawancarai wartawan deteksinews.id.

Menurutnya, betapa pentingnya kegiatan tersebut sehingga memantiknya bersama unsur pemerintah dan masyarakat Desa Deme Dua melalui persetujuan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menganggarkannya dalam APB-Des 2022.

“Saya menilai bahwa upaya peningkatan kapasitas pemangku adat sangatlah penting, sehingga kami bersama BPD menganggarkannya pada APB-Des 2022,” urai Yusuf.

“Itu sudah direncanakan oleh Pemerintah Desa tahun 2022,, sehingga sudah dituangkan dalam RKPDesa Tahun 2022, karena sudah termasuk dalam perencanaan serta sudah masuk pada Program Desa,” ujarnya menambahkan.

Yusuf mengatakan, dalam pelaksanaan kegoatan tersebut, Pemerinta Desa melibatkan unsur-unsur terkait adat tingkat Kecamatan Sumalata Timur yakni Baate, Baate lo Tutungio dan Tuan Imam, serta yang menjadi Keynote Speaker adalah unsur Pemerintah Kecamaran Sumalata Timur. ##(D-002)

Your email address will not be published. Required fields are marked *