PLH Bupati : “TTG Menggali SDM yang kreatif dan inovatif

PLH Bupati : “TTG Menggali SDM yang kreatif dan inovatif

views
0

Laporan : Hasyim Kadir

BONE BOLANGO, (KG) – PLH Bupati Bone Bolango Ishak Ntoma menegaskan, Teknologi Tepat Guna (TTG) harus mampu menggali sumber daya manusia (SDM) yang kreatif dan inovatif.

Penegasan ini disampaikan Plh Bupati saat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango (Bonebol) menggelar kegiatan lomba inovasi teknologi tepat guna (TTG),yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). berlangsung di Rumah Makan Meranti, Selasa (24/02/21).

“TTG harus mampu menggali sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif.” Tegas PLH Bupati.

Dikatakan Ishak Ntoma, teknologi tepat guna merupakan sebuah teknologi yang diciptakan untuk semakin meningkatkan dan membuat pekerjaan manusia semakin mudah dan lancar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan nilai ekonomi.

Ia juga menambahkan bahwa , teknologi tepat guna juga merupakan suatu kegiatan penelitian dan pengembangan yang bertujuan dalam rangka mengembangkan penerapan praktis nilai inovasi dan konteks ilmu pengetahuan yang baru.

Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Bone Bolango Suleman Panigoro i mengatakan tujuan dari kegiatan ini ialah menumbuh kembangkan ide ide teknologi tepat guna yang terdapat dimasyarakat, menjaring hasil teknologi tepat guna yang dapat memacu percepatan berkembangan usaha ekonomi di masyarakat serta memulihkan motivasi semangat kepada para penemu di bidang TTG, baik itu dari masyarakat, pelajar, mahasiswa, akedemisi, guru, instansi maupun swasta.

“Alhamdulillah di tahun 2018 Kabupaten Bone Bolango mendapat prestasi juara 1 tingkat provinsi gorontalo. Pada saat itu pesertanya di bawa ketingkat nasional,dan dipusatkan di bali,” ucap Suleman

Suleman menambahkan bahwa,pada tahun 2019 agak menurun,kabupaten mendapat rengking 2 tingkat provinsi gorontalo.Untuk tahun 2020 kata suleman,tidak dapat dilaksanakan Teknologi Tepat Guna,dikarenakan pandemi Covid 19.

“Alhamdulillah 2021 ini, pemerintah Kabupaten Bone Bolango mampu mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan teknologi tepat guna walaupun hanya sederhana.”Tutupnya

Turut hadir dalam pembukaan lomba Teknlogi Tepat Guna 2021 , selain Plh Bupati , hadir juga Kepala Dinas PMD, Asisten I, Ketua Komisi DPRD Bone Bolango, pendamping kecamatan, dan para peserta Teknologi Tepat guna.

Your email address will not be published. Required fields are marked *