Wujudkan Desa Lobuto Timur Maju, Ini Program Arifin Abdulkadir

Wujudkan Desa Lobuto Timur Maju, Ini Program Arifin Abdulkadir

246 views
0

 

GORONTALO (DETEKSINEWS.ID) – Terwujudnya Desa Lobuto Timur “Maju” menuju desa sejahtera, tertata lingkungan, relijius dan berbudaya, setidaknya menjadi visi, Arifin Abdulkadir, Calon Kepala Desa Lobuto Timur, Kecamatan Biluhu, Kabupaten Gorontalo.

Seki Ari, begitu dirinya akrab disapa, ketika diwawancarai Wartawan DeteksiNews.Id, pada Jum’at (12/02), di rumah kediamannya, menjelaskan, maju sebagai calon kepala desa merupakan panggilan nurani untuk membangun desa yang sebelumnya bagian dari Desa Lobuto tersebut.

“Saya merasa ada panggilan jiwa untuk membangun desa ini. Selain itu, untuk menyahuti kemauan dan keinginan masyarakat kepada saya untuk maju sebagai calon dan berkiprah membangun desa,” tutur Arifin dengan gayanya yang lugas.

Menurut pria yang cukup lama berkiprah sebagai Sekretaris Desa ini, Lobuto Timur membutuhkan program-program menyentuh kepentingan rakyatnya.

“Terkadang, ada program-program yang justru tak bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Akibatnya, programnya justru terkesan hanya menghambur-hamburkan dana, sementara manfaatnya tidak berdampak sama sekali terhadap kebutuhan masyarakat,” ketus mantan Plt. Kepala Desa Botu Boluo ini.

Seki Ari membeberkan, terdapat sejumlah program yang diusungnya sebagai Calon Kepala Desa Biluhu Timur periode 2021 – 2027.

Pada sektor pelayanan publik, dirinya berkeinginan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dengan tidak membedakan status dan golongan, sepanjang pelayanan menjadi kebutuhan dan tidak bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang berlaku.

“Pelayanan publik menjadi salah satu hal terpenting dalam memacu dan memicu pelaksanaan pembangunan di desa. Kalau masyarakat terlayani secara maksimal, maka mereka (masyarakat, Red), akan bersemangat dalam membangun,” katanya.

Sementara itu, demi mengimplementasikan percepatan pembangunan, dirinya juga akan senantiasa melakukan koordinasi sekaligus kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten dan Provinsi.

“Koordinasi dan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten dan Provinsi yang akan saya bangun, tentunya terkait dengan usulan-usulan program yang dapat dianggarkan lewat APBD Kabupaten dan APBD Provinsi,” imbuhnya.

Peningkatan ekonomi kerakyatan melalui program di berbagai bidang, juga menjadi sasaran yang hendak dicapai dalam kepemimpinannya, jika diberi amanah oleh rakyat menjadi Kepala Desa.

“Peningkatan ekonomi kerakyatan melalui program di berbagai bidang juga menempati posisi yang sangat menentukan dalam upaya pencapaian tujuan sebagai desa yang maju. Bagaimana mungkin, desa maju, kalau sektor ekonomi kerakyatan stagnan atas sama sekali tidak meningkat,” timpalnya.

Arifin juga mengoptimalkan sumber daya alam yang sesuai dengan kearifan lokal.

“Artinya, pengelolaan sumber daya alam mesti dilakukan secara optimal. Seperti perikanan dan kelautan. Silahkan masyarakat melaut mencari ikan, tapi jangan melakukan pemboman. Akan rusak nanti biota yang di dalamnya. Dan, kalau itu terjadi, maka itulah yang sangat bertentangan dengan kearifan lokal yang saya maksudkan,” lanjut Seki Ari.

Selain itu, kata Arifin, dirinya berkeinginan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional, akuntabel dan transparan.

Arifin akan melibatkan kaum jender dan Karang Taruna untuk membangun desa. Dia mencontohkan, dalam sebuah rumah tangga, tanpa keterlibatan kaum ibu dalam membina rumah tangga, maka bisa dipastikan, tujuan yang hendak dicapai dalam rumah tangga tidak akan terwujud. Selain itu, lanjut Arifin, keterlibatan generasi muda, khususnya Karang Taruna menjadi penentu masa depan Lobuto Timur yang maju.

Kondisi masyarakat yang aman, tertib, sehat, cerdas, rukun dalam kehidupan bermasyarakat dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip moral, agama dan budaya yang ada, imbuh Arifin, wajib untuk diciptakan.

“Dengan penciptaan kondisi tersebut, apa yang menjadi cita-cita luhur masyarakat Lobuto Timur akan dapat diwujud-nyatakan,” pungkasnya.

Sementara itu, tokoh sentral masyarakat Desa Lobuto Timur, Akuba Ladju, ketika diminta tanggapannya, menjelaskan, apa yang menjadi target yang ingin dicapai oleh masyarakat Lobuto Timur sangat sepadan dengan tujuan dan program Arifin Abdulkadir.

“Kami sangat bersepakat dengan apa yang diprogramkan oleh Bapak Arifin Abdulkadir sebagai Calon Kepala Desa. Karena sangat bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat,” tutur mantan Sekretaris Desa Lobuto dua periode dan mantan Kepala Desa Lobuto Timur satu periode itu.

Majunya Arifin Abdulkadir sebagai calon Kepala Desa mendapat apresiasi dan respon sangat baik dari tokoh pemuda setempat.

“Kami sangat merespon dan mengapresiasi Bapak Arifin Abdulkadir sebagai calon Kepala Desa. Soalnya, beliau menelorkan program yang pro rakyat dan sesuai kebutuhan dasar rakyat desa ini. Apalagi beliau juga melibatkan pemuda, khususnya, Karang Taruna yang dalam program pembangunan,” tutur tokoh pemuda yang juga Ketua Karang Taruna Desa Lobuto Timur, Alfred Thalib, S.Pd.

Di tempat terpisah, tokoh berpengaruh yang juga mantan Kepala Desa Lobuto, Ishak Abdulkadir menjelaskan, Lobuto Timur perlu pemimpin dengan gagasan cemerlang dan gemilang.

“Setelah saya baca dan analisa, programnya tidak terlalu muluk-muluk. Akan tetapi dari program-program tersebut akan lahir ide-ide cemerlang dan cerdas dalam implementasinya. Sekaligus juga saya tegaskan program itu saya akan kawal,” ungkap Ayah Ande, sapaan akrab Ishak Abdulkadir yang tak lain adalah kakak kandung Arifin Abdulkadir, sang calon Kepala Desa.## (Rdks)

Your email address will not be published. Required fields are marked *