Lestarikan Bahasa Daerah, Pemkab Pohuwato Berkolaborasi Dengan Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo

Lestarikan Bahasa Daerah, Pemkab Pohuwato Berkolaborasi Dengan Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo

30 views
0

Vanda Waraga

GORONTALO POHUWATO, deteksinews.id –
Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo mengajak kolaborasi Pemerintah Kabupaten Pohuwato untuk melestarikan bahasa daerah dalam sebuah kegiatan yang akan digelar oleh Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo.

Bertempat di ruang kerja, Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa menerima kunjungan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo, Ahmad Nawari, Selasa, (16/01/2024).

Wabup Suharsi Igirisa yang didampingi Kadis Dikbud, Ikbar AT. Salam menyampaikan apresiasi terhadap program Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo dalam pelestarian dan terwujudnya revitalisasi bahasa daerah Gorontalo yang kemudian ini bisa tersosialisasi dengan baik di Kabupaten Pohuwato.

Menurut Suharsi, kalau tidak ada yang menangani hal-hal seperti ini, tentu bahasa daerah Gorontalo akan punah karena sudah tidak ada atau jarang digunakan.

“Alhamdulillah, dengan kehadiran Kepala Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo bisa bekerjasama dengan dinas terkait untuk bagaimana bahasa daerah Gorontalo bisa lagi dilestarikan, sehingga bisa dikembangkan ke sekolah-sekolah tingkat dasar”,harap Wabup Suharsi.

Kepala Kantor Bahasa Gorontalo Ahmad Nawari mengatakan, ada sejumlah tahapan yang akan dilalui pada kegiatan tersebut diantaranya koordinasi dengan pemda untuk bagaimana kemudian melestarikan bahasa daerah Gorontalo berupa diskusi atau FGD.

“Kami akan undang pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengadakan rembuk tentang bagaimana melestarikan bahasa daerah”,jelas Ahmad.

Selanjutnya juga ada penyusunan modul bahasa daerah Gorontalo, dan untuk tahapan selanjutnya yakni pelatihan pelestarian bahasa daerah Gorontalo yang sesuai rencana akan diikuti oleh 251 Guru muatan lokal se-Provinsi Gorontalo.

“Jadi, para guru SD dan SMP ini akan kami latih mereka bagaimana menulis puisi, bercerita, berpidato, menulis cerpen dan sejumlah lomba lainnya yang kesemuanya akan menggunakan bahasa daerah Gorontalo.

Selanjutnya mereka akan mengibaskan (kegiatan yang berulang-ulang) kepada guru lainnya dan akan dilatih lagi kepada siswa-siswanya untuk bagaimana menggunakan bahasa daerah Gorontalo serta dibuatkan berbagai lomba.

“Dengan demikian, ini perlu kolaborasi dengan pemerintah daerah dalam menggelar festival tunas bahasa”,terang Ahmad.
D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *