Pemkab Pohuwato Terima Penghargaan Dari BPJS Tenaga Kerja

Pemkab Pohuwato Terima Penghargaan Dari BPJS Tenaga Kerja

18 views
0

Vanda Waraga

GORONTALO KOTA, deteksinews.id – – Pemerintah Kabupaten Pohuwato kembali menerima piagam penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan, atas dukungan dan kerjasama dalam mewujudkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Pohuwato.

Penghargaan tersebut diserahkan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo Widhi Astri Aprillia Nia, kepada Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa pada acara Monitoring dan Evaluasi Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di wilayah Provinsi Gorontalo, di Aula Hotel Aston Kota Gorontalo, Kamis (30/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa mengucapkan terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan atas penghargaan tersebut. Menurut Wabup, Pemkab Pohuwato selalu memberi perhatian terhadap perlindungan sosial bagi tenaga kerja yang merupakan tindak lanjut atas Instruksi Presiden No.2 Tahun 2021.

“Alhamdulillah pemerintah daerah telah menunjukkan komitmennya dengan memberikan perlindungan jaminan sosial. Di mana, ada tiga perlindungan antara lain, perlindungan kecelakaan kerja, kematian, dan hari tua, yang semuanya itu dianggarkan melalui APBD”, ujar Wabup Suharsi Igirisa.

Misalnya saja, kata Wabup Suharsi, yang sudah diberikan perlindungan sosial yakni perangkat desa di Kabupaten Pohuwato sebanyak 66 orang, yang dianggarkan melalui APBD. Begitu juga dengan non ASN sebanyak 2.463 orang.

“Kemudian, untuk para pekerja rentan (petani) sejumlah 584 orang, sesuai surat edaran Bupati, dan untuk pekerja rentan sebanyak 234 orang. Selanjutnya, untuk kepesertaan Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui wadah Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) telah berjumlah 4.050 orang”, jelas Wabup Suharsi Igirisa.

Meski sudah mencapai ribuan peserta, Wakil Bupati Pohuwato ini tetap mendorong agar seluruh ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pohuwato agar bisa mendaftarkan sebagai peserta melalui KORPRI. Menurutnya, keikutsertaan ASN dalam program ini merupakan suplemen tambahan bagi ASN ketika mengalami resiko.

“Untuk itu, saya mengharapkan agar ketua KORPRI Pohuwato untuk terus mengevaluasi terutama PPPK yang belum terdaftar pada program jaminan sosial ketenagakerjaan, karena ini demi mewujudkan visi misi kami (pemerintahan SMS) dalam menjadikan masyarakat lebih sehat, maju, dan sejahtera”, harap Wabup Suharsi Igirisa.

Chris/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *