Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan, Dibuka Sekdakab Pohuwato

Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan, Dibuka Sekdakab Pohuwato

4 views
0

Sri Echa VW/editor

POHUWATO, deteksinews.id –  Semarak HUT Kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pohuwato menggelar sosialisasi pemanfaatan pekarangan untuk meningkatkan ketahanan pangan, Jum’at (11/08/2023), bertempat di Aula Dinas PUPR Kabupaten Pohuwato.

Sosialisasi ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Iskandar Datau yang juga merupakan Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Pohuwato dan dihadiri Kadis P3AP2KB Hamkawaty Mbuinga, Kadis Pariwisata, Pemuda Olahraga Rusmiati Pakaya, pengurus DWP Kabupaten, pengurus DWP unit OPD dan pengurus DWP unit Kecamatan.

Kegiatan sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber dari unsur Dinas Pertanian yakni Penyuluh Madya KJF Nova Yusuf Antula.

Sekda Pohuwato Iskandar Datau dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kegiatan sosialisasi yang diinisiasi oleh Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Pohuwato.

“Karena pemanfaatan lahan pekarangan adalah merupakan langkah strategi yang tepat dilakukan oleh Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Pohuwato. Dan ini sangat bagus dan nampak dinamis dalam kegiatan”, ujar Sekda.

Menurut Panglima ASN Pohuwato, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan untuk memenuhi ketersediaan pangan menuju kemandirian pangan sampai ketingkat rumah tangga, yang pada akhirnya nanti akan menuju swasembada pangan.

“Langkah strategi ini harus kita lakukan dengan baik dan sungguh-sungguh mengingat kebutuhan pangan kita semakin lama semakin meningkat dan sulit didapat”, ungkapnya.

Sehingga itu, menurutnya, kegiatan pemanfaatan pekarangan adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan fungsi pekarangan rumah tangga, sebagai sumber pangan keluarga dan mendorong konsumsi pangan rumah tangga kearah pola konsumsi beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Sementara itu Ketua DWP Kabupaten Pohuwato Ny. Suriyati Datau R Abdjul mengatakan, dalam memeriahkan HUT Proklamasi RI ke-78 dengan semangat “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Tema ini dimaksudkan mengajak kita untuk mengambil peran aktif dalam membangun daerah yang lebih baik, serta menunjukkan semangat kebersamaan dan gotong royong dalam setiap langkah kita.

Oleh karenanya, DWP melaksanakan serangkaian kegiatan diantaranya telah melaksanakan Gerakan Orang Tua Asuh Atasi Stunting (GOTAAT). Tahun 2022 ini saja, urai Suriyati, DWP memiliki 2 anak asuh di Kecamatan Randangan, dan untuk tahun ini kita juga menjadi orang tua asuh dari 2 anak Baduta (Bayi Dua Tahun) dan 3 Ibu Hamil Kek yang berada di Desa Lemito, Kecamatan Lemito.

“Kegiatan hari ini sudah diawali dengan jalan sehat dan dilanjutkan dengan senam bersama. Ini merupakan program kerja bidang sosial budaya yaitu program pembinaan dan peningkatan ketahanan keluarga yang diikuti oleh pengurus DWP Pohuwato sebanyak 270 peserta, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi pemanfaatan pekarangan untuk meningkatkan ketahanan pangan yang merupakan program kerja bidang pendidikan”, jelas Suriyati.

Bagi DWP Pohuwato, peringatan HUT Proklamasi RI tidak hanya merayakan sejarah panjang perjuangan dan kebanggaan sebagai bangsa, tetapi juga memperlihatkan peran nyata dalam menjaga kesehatan dan memberdayakan anggota DWP melalui pemanfaatan pekarangan.

“Dan kegiatan sosialisasi yang kita laksanakan saat ini adalah bukti konkret dari semangat kerjasama dan kepedulian kita terhadap kesejahteraan masyarakat, kita juga dapat menghasilkan berbagai jenis tanaman dan bahan pangan yang akan menjadi sumber gizi yang sangat berharga bagi keluarga kita”, ujar Ny. Suriyati Datau R Abdjul.

“Oleh karena itu, saya berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya, agar wawasan pengetahuan dan keterampilan yang kita peroleh hari ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dengan semangat bersama, kita dapat menjadi agen perubahan yang menginspirasi dan mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan mereka”, ujarnya menambahkan.

Chris/Iwan/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *