Pemkab Pohuwato Jalin KAD Dengan Pemkot Manado

Pemkab Pohuwato Jalin KAD Dengan Pemkot Manado

33 views
0

Vanda Waraga

KOTA GORONTALO, deteksinews.id – Jaga keterjangkauan harga dan ketersediaan pasokan komoditas, Pemkab Pohuwato jalin KAD dengan Pemkot Manado

Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung upaya kolaborasi dan sinergi antar pihak dalam menjaga keterjangkauan harga dan ketersediaan pasokan komoditas.

Maka, Pemerintah Kabupaten Pohuwato bersama Pemerintah Kota Manado menjalin Kerjasama Antar Daerah (KAD) Government to Government (G2G) dan Kerjasama Antar Daerah Bussiness to Bussiness (B2B) dalam pengendalian inflasi.

Hal tersebut terlihat pada seremonial penandatanganan Kerjasama Antar Daerah (KAD) pada kegiatan Kick Of Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan di Gorontalo Tahun 2023 yang dirangkaikan dengan Launching Car Free Day (CFD), di lapangan taruna remaja, Kota Gorontalo, Minggu (23/07/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pohuwato Iskandar Datau melalui Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Suwartono Hulawa mengabarkan, bahwa tujuan dari Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan Pemerintah Kota Manado adalah sebagai payung hukum dalam pengendalian inflasi antar kedua daerah.

Kota Manado menjadi pilihan yang sangat tepat, karena menurut Kabag ESDM Setda Pohuwato ini, kota manado sebagai pasar hasil pertanian yang memiliki tingkat konsumsi yang tinggi.

Saat ini, katanya, PD Pasar Manado sedang menyiapkan coolstories dengan kapasitas 19 ton khusus tanaman cabe, bawang dan tomat.

Suwartono menyebutkan, dengan fasilitas tersebut memungkinkan petani di kabupaten pohuwato dapat memasok kebutuhan bahan pangan ke kota manado.

“Sehingga dengan MoU tadi, akan ditindaklanjuti PKS antar PD pasar manado dan perangkat daerah serta dengan kelompok tani di Kabupaten Pohuwato sebagai pemasok bahan pangan tersebut”, papar Suwartono Hulawa seraya mengharapkan dengan kerjasama antar daerah tersebut, petani pohuwato bisa mendapatkan harga sesuai HTP yang stabil.

Chris/D002/PJS

Your email address will not be published. Required fields are marked *