Mukhlish Sosok Politisi Muda Inovatif

Mukhlish Sosok Politisi Muda Inovatif

96 views
0

Vanda Waraga editor

POHUWATO, deteksinews.id – Mukhlish Podilito merupakan politisi muda inovatif yang berhasil menyulap pekarangan rumah menjadi salah satu Destinasi Wisata di Kabupaten Pohuwato.

Pemuda yang lahir di Bukit Harapan pada tanggal 3 Januari 1992 ini, menempuh jenjang sekolah dasarnya di SDN Inpres Bukit Harapan, dan kemudian melanjutkan jenjang Sekolah Menengah Pertamanya di SMP Negeri 2 Wanggarasi selama dua tahun dan satu tahun di SMP Negeri 13 Kota Gorontalo.

Setelah menyelesaikan Pendidikannya di SMP Negeri 13 Kota Gorontalo, Mukhlish kemudian mengenyam pendidikan di SMK Negeri 1 Gorontalo atau yang dulu dikenal dengan SMEA.

Pada 2009, Mukhlish kemudian masuk Perguruan Tinggi mengambil jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo.

Selama menjadi mahasiswa Mukhlish terlibat aktif dalam Organisasi-organisasi Kampus seperti Lembaga Dakwah Kampus (LDK), Sentra Kerohanian Islam SKI UNG dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia KAMMI.

Mukhlish kerap kali menduduki posisi-posisi penting di Organisasi yang ia geluti seperti pernah menjadi Sekretarais Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen, Sekretaris Umum LDK SKI UNG, Ketua Lembaga Dakwah Fakultas Ekonomi, Ketua Bidang Pengembangan Organisasi LDK SKI UNG dan Anggota Mentri Partisipasi dan Pengembangan Daerah BEM UNG.

Saat masih mengenyam studi di bangku kuliah Mukhlish mendapat tawaran untuk maju sebagai Calon Anggota Legislatif 2014 dari Partai Keadilan Sejahtera Dapil Lemito-Wanggarasi.

Namun, perjuangannya di 2014 di pentas politik belum mendapatkan hasil yang diharapkan. Setelah menyelesaikan studi strata 1 di Universitas Negeri Gorontalo Mukhlish menggeluti beberapa pekerjaan seperti menjadi Operator Profil di Kantor Desa Bukit Harapan pada tahun 2014, Account Officer di PT Bank Mega Syariah Marisa 2015 dan ditahun yang sama juga Mukhlish mendapatkan amanah menjadi Sekretaris Umum PKS Pohuwato periode 2015-2020.

Selain itu Mukhlish bekerja sebagai Credit Investigasi Analis di PT. Esta Dana Ventura tahun 2016-2018, dan pada tahun 2019 Mukhlish mendapat amanah sebagai Sekretaris Umum Yayasan Pengembangan Sumber Daya Ummat Al Izzah Pohuwato periode 2019-2024.

Di tahun 2019 Mukhlish kembali melanjutkan perjuangan politiknya dalam pencalonan legislatif di Partai Keadilan Sejahtera Dapil Wanggarasi, Lemito, Popayato Timur, Popayato, Popayato Barat. Namun lagi-lagi perjuangannya tidak mendapatkan hasil yang diharapkan.

Pada Musyawarah Daerah Partai Keadilan Sejahtera 2020 Mukhlish akhirnya terpilih sebagai ketua umum Dewan Pengurus Daerah PKS Pohuwato periode 2020-2025.

Demikianlah sekelumit tentang perjalanan karir Mukhlish Podilito Pemuda yang mengharumkan nama Desanya melalui gagasan dan karya membangunan Wisata Alam Pemandian Bidadari dengan melibatkan Pemuda dan Masyarakat desa setempat.

“Dalam melakukan sesuatu hal yang besar, point utama yang harus kita tanamkan dalam diri kita adalah kesungguhan dan keberanian untuk memulai, tanpa dua point tersebut mustahil kita bisa mewujudkan hal-hal besar dalam hidup kita dan masyarakat”, ungkap Mukhlish, kepada Pengurus PJS Pohuwato, saat berbincang-bincang di Wisata Alam Pemandian Bidadari, Desa Bukit Harapan, Wanggarasi, Minggu (11/06/2023).

Pada perhelatan Politik 2024 mendatang Mukhlish kembali untuk ketiga kalinya maju mencalonkan diri sebagai Calon Anggota Legislatif dari dapil yang sama.

Untuk itu, Mukhlish berharap do’a dan dukungan dari masyarakat Wanggarasi Lemito Popayato Grup agar pada pemilu kali ini dapat terpilih untuk mewujudkan Impian dan Gagasannya dalam bentuk karya yang lebih besar lagi dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat banyak.

“Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia yang lain”, tutup Mukhlish.

(Chris/D002/PJS)

Your email address will not be published. Required fields are marked *