Rekrutmen dan Pelatihan Naker Perusahaan Tambang, Diminta Diperjelas Tokmas Pohuwato

Rekrutmen dan Pelatihan Naker Perusahaan Tambang, Diminta Diperjelas Tokmas Pohuwato

43 views
0

Vanda Waraga editor

Pohuwato, deteksinews.id – Tokoh masyarakat Pohuwato, Yusuf Mbuinga meminta kejelasan pelatihan tenaga kerja yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) bersama perusahaan tambang yang ada di Kabupaten Pohuwato.

“Sudah kurang lebih 1000-an tenaga kerja yang ikut test di selenggarakan oleh perusahaan tambang di Pohuwato tapi sampai sekarang belum dapat panggilan kapan mereka bisa bekerja,”ujar Yusuf Mbuinga, Jum’at (19/05/2023) dalam rilisnya.

Selanjutnya, YM (sapaan akrab) mengatakan terkesan pencitraan dengan alasan penyerapan tenaga kerja yang prioritas SDM pohuwato tapi sampai hari ini mereka yang sudh ikut test atau sdh memasukan berkas berakhir dengan H2C.

Masih kata Yusuf, sudah banyak orang tua dari mereka yang telah memasukan berkas bahkan sudah ikut test nengadu kepada dirinya tapi sampai hari ini belum pernah di panggil oleh pihak perusahaan.

“Harusnya antara rekrutmen dan lowongan kerja, sesuai formasi jurusan atau keahlian sudah di planing matang oleh pihak perusahaan dan disnakertrans,”tutur Yusuf.

Tak sampai disitu, dari aduan masyarakat kepada dirinya bahwa dalam rekrutmen tenaga kerja tersebut ada oknum oknum tertentu yg di duga meminta imbalan sejumlah uang dari 3 jt s/d 4 jt.

“Sebagai putra daerah miris saya mendengar case seperti ini. Olehnya saya mohon DPRD dan Pemda pohuwato untuk turun tangan mengadvokasi permasalahan ini sebelum publik bereaksi,”tandas Yusuf sembari berharap jangan ada pembohongan dan pembodohan terhadap rakyat pohuwato dengan janj-janji manis tak berujung dan tak ada realisasinya.

D002/PJS

Your email address will not be published. Required fields are marked *