Pohuwato Diusulkan Menjadi  Kabupaten Dengan Kategori Pariwisata Kreatif.

Pohuwato Diusulkan Menjadi Kabupaten Dengan Kategori Pariwisata Kreatif.

92 views
0

Muzamil Hasan

POHUWATO, deteksinews id – Kabupaten Kabupaten Pohuwato diusulkan menjadi kabupaten dengan kategori pariwisata kreatif.

Hal itu terungkap pada dialog antara Kadis Pariwisata Provinsi Gorontalo, Dr
Arianto Husain dengan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga di rumah jabatan bupati.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata Provinsi bersama tim yang terdiri dari kabid dan pejabat fungsional telah diterima Sekretaris Daerah, Iskandar Datau didampingi Kadis Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga, Rusmiati Pakaya di meeting room kantor bupati, Jum’at, (31/3/2023).

Usai disambut dan mengadakan pertemuan dengan Sekda Iskandar Datau, Kadis Pariwisata Provinsi, Arianto bersama tim melakukan buka puasa di rumah jabatan bupati yang dilanjutkan dengan salat magrib berjemaah, salat isya dan tarawih berjemaah.

Arianto dihadapan Bupati Saipul yang didampingi Rusmiati Pakaya membicarakan tentang perencanaan pengembangan obyek wisata kreatif untuk Kabupaten Pohuwato.

Karena di tahun 2023 ini kabupaten ujung barat Provinsi Gorontalo akan diusulkan ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menjadi kabupaten dengan kategori pariwisata kreatif.

“Setelah pertemuan ini, kedepan nanti akan bekerja terkolaborasi antara Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Dinas Pariwisata Kabupaten Pohuwato, dan nanti akan berkonsultasi lanjut dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia”,jelas Ariyanto.

Ditambahkannya, di Provinsi Gorontalo, Kabupaten Pohuwato akan menyusul daerah lainnya yang sudah terbentuk menjadi kabupaten dengan kategori pariwisata kreatif.

Untuk itu setelah pertemuan sinkronisasi ini akan ada tahapan lanjutan dan semoga ini segera terealisasi.

Selaku pemerintah daerah, Bupati Saipul Mbuinga menyambut baik langkah dan usulan pemerintah provinsi. Olehnya diharapkan setelah pertemuan ini akan segera ditindaklanjuti baik oleh Dinas Pariwisata Provinsi maupun Dinas Pariwisata Pohuwato.

“Intinya kami sangat menyambut baik karena besar manfaatnya buat daerah dan masyarakat pohuwato. Terlebih dengan potensi pariwisata yang ada di daerah ini semoga hal itu menjadi motivasi bersama”,ungkap Bupati

Kadis Pariwisata Pohuwato, Rusmiati Pakaya menambahkan, pada pertemuan ini banyak hal yang dibicarakan tentang perencanaan pengembangan obyek wisata kedepan atau planning jangka panjang. Karena setelah disepekati bersama insyaallah akan ada pertemuan lanjutan dengan lintas sektor untuk penyusunan rencana pengembangan pariwisata di maksud.

Iwan/hms/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *