Gedung Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Pohuwato Di Resmikan

Gedung Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Pohuwato Di Resmikan

20 views
0

Vanda Waraga

POHUWATO, deteksinews.id – Didampingi Wakil Bupati Suharsi Igirisa, Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Muhamad Syarif Bando meresmikan Gedung layanan fasilitas perpustakaan umum Daerah Kabupaten Pohuwato

Sebelumnya kedatangan Kepala Perpusatakaan Nasional RI Muhamad Syarif Bando beserta rombongan disambut Wakil Bupati Suharsi Igirisa dan Ketua DPRD Pohuwato Nasir Giasi lewat tarian Saronde oleh siswa SMA Negeri 1 Marisa.

Wabup Suharsi Igirisa dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada kepala perpustakaan nasional RI yang telah memberikan bantuan program transformasi untuk perpustakaan daerah Pohuwato tahun 2020 dan 5 perpustakaan desa di tahun 2021

Wabup Suharsi juga menjelaskan bahwa perpustakaan mengemban amanat penting sebagai tempat pembelajaran dan kemitraan yang dikelola secara profesional dan terbuka bagi kalangan sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang cerdas dan berkeadilan

Salah satunya melalui pemanfaatan transformasi perpustakaan digital berbasis inklusi sosial yang diharapkan dapat meningkatkan semangat minat baca masyarakat khususnya pelajar yang ada di Kabupaten Pohuwato.

“Untuk itu saya meminta kepada seluruh pemangku kepentingan untuk dapat menjadikan literasi sebagai upaya sunguh-sungguh dalam mencerdaskan kehidupan bermasyarakat meuju Pohuwato sehat, maju dan sejahtera”, ajak Wabup Suharsi Igirisa.

Sementara itu, Kepala Perpusnas RI Muhamad Syarif Bando menjelaskan keberadaan perpusatakaan sangat penting, menyangkut peningkatan indeks literasi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Pohuwato

Dikatakannya, kecerdasan dan kesejahteraan harus berjalan sejajar dalam rangka menghadapi perkembangan zaman yang semakin pesat.

“Majunya perkembangan dapat dilalui dengan pengetahuan. Seseorang bisa dikatakan cerdas dan bijak apabila ilmu yang didapat bisa diimplementasikan dalam bentuk produk dan jasa. Olehnya kami selalu mengkampanyekan gerakan peningkatan literasi masyarakat”, tuturnya.

Sebagai informasi, selain meresmikan Gedung layanan fasilitas perpustakaan umum Daerah Pohuwato, Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhamad Syarif Bando dan Wabup Suharsi mengukuhkan bunda literasi dan membuka peluncuran aplikasi perpustakaan digital ISMS-Pohuwato serta Webinar Nasional Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) tahun 2023. (Kris/D002/PJS)

Your email address will not be published. Required fields are marked *